Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

CFD Dipecah ke 32 Lokasi, Kadinkes DKI Akui Masih Ada Warga Tak Disiplin Protokol Kesehatan

Padahal Pemprov DKI sudah meniadakan CFD di kawasan Sudirman - Thamrin, dan memecah pelaksanaannya di 32 lokasi.

CFD Dipecah ke 32 Lokasi, Kadinkes DKI Akui Masih Ada Warga Tak Disiplin Protokol Kesehatan
Warta Kota/Nur Ichsan
Sejumlah pesepeda memasuki areal hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat, Minggu (28/6/2020). Setelah ditutup selama 2 bulan, ruas jalan ini dibuka kembali untuk pertama kalinya sebagai salah satu lokasi HBKB pengganti Jalan Sudirman-Thamrin. Namun sayangnya masih saja ditemui warga yang melanggar aturan protokol kesehatan dengan tidak mengenakan masker sehingga dikenai sanksi sosial berupa hukuman menyapu jalan. Warta Kota/Nur Ichsan 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Widyastuti mengakui masih saja ada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan di kegiatan Car Free Day (CFD), Minggu (28/6) kemarin.

Padahal Pemprov DKI sudah meniadakan CFD di kawasan Sudirman - Thamrin, dan memecah pelaksanaannya di 32 lokasi. Tujuannya supaya protokol kesehatan tetap dijaga meski sedang olahraga.

Bentuk pelanggaran itu meliputi warga yang tak disiplin pakai masker, kurangnya menjaga jarak, dan masih ada orang tua yang membawa balita.

Baca: Hari Ini 32 Titik CFD di Jakarta Dijaga 500 Personel TNI-Polri

"Namun masih disayangkan karena masih ditemukan pelanggaran berupa tidak menggunakan masker, tidak menjaga jarak, dan membawa balita," kata Widyastuti dalam konferensi pers di kanal Youtube Pemprov DKI, Senin (29/6/2020).

Padahal pemecahan CFD di 32 lokasi diharapkan masyarakat bisa pergi ke 32 titik lokasi ruang publik terdekat dari rumahnya. Dengan harapan tak ada lagi kejadian penumpukan seperti jika lokasi CFD hanya di Sudirman - Thamrin.

"Pelaksanaan HBKB atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor di 32 titik yang sebenarnya bertujuan untuk memberikan ruang aktivitas untuk olahraga kepada masyarakat yang dekat dari pemukiman dan menghindari penumpukan masyarakat di sekitar Jalan Thamrin - Sudirman, namun masih disayangkan karena masih ditemukan pelanggaran," jelas Widyastuti.

Baca: 32 Titik Khusus Pesepeda untuk CFD di Jakarta

Diketahui Pemprov DKI meniadakan HBKB di kawasan Jalan Jenderal Sudirman - MH. Thamrin, Minggu kemarin. Sebagai gantinya, ada 32 lokasi telah ditentukan oleh Pemprov DKI untuk menggelar CFD pekan ini.

Ruas-ruas jalan yang telah ditentukan itu akan ditutup, selama CFD berlangsung. Dimulai pukul 06.00 - 09.00 WIB. Berikut rincian wilayahnya.

- Jakarta Pusat

Halaman
12
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas