Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Anies Ingatkan Warga DKI: 66 Persen Kasus Baru Positif Covid-19 Ditemukan Tanpa Didahului Gejala

"Ingat, 66 persen dari kasus positif baru di Jakarta dalam seminggu terakhir adalah mereka yang tidak memiliki gejala sakit, tidak ada gejala keluhan"

Anies Ingatkan Warga DKI: 66 Persen Kasus Baru Positif Covid-19 Ditemukan Tanpa Didahului Gejala
Tangkap layar channel YouTube PEMPROV DKI JAKARTA
Gubernur DKI Jakarta Anies Perpanjangan Fase 1 PSBB Transisi, Rencana Pembukaan Bioskop dan Tempat Hiburan Indoor Ditunda 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewanti-wanti masyarakat yang beraktivitas di ibu kota. Pasalnya dari total kasus positif Corona yang ditemukan seminggu terakhir, 66 persen diantaranya justru tidak memiliki gejala sakit atau keluhan.

"Ingat, 66 persen dari kasus positif baru di Jakarta dalam seminggu terakhir adalah mereka yang tidak memiliki gejala sakit, tidak memiliki gejala keluhan, dan merekalah yang ditemukan positif," kata Anies di Jakarta, Kamis (16/7/2020) malam.

Dengan kondisi demikian, Anies meminta masyarakat untuk selalu waspada dan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas.

Masyarakat diharapkan juga bisa menjadi agen pengingat bagi masyarakat lainnya yang kedapatan tidak menjalankan disiplin protokol kesehatan.

"Terus saling mengingatkan bila ada orang di sekitar kita yang tidak menjalani protokol kesehatan dengan baik, maka tegur," tuturnya.

Baca: Gubernur Anies: Sepekan Saja Pemakaian Tempat Tidur Pasien Covid-19 Melonjak 11 Persen

Sekali lagi ia berpesan kepada masyarakat yang beraktivitas di DKI Jakarta untuk jangan lengah atau menganggap semua orang di sekitar dalam keadaan baik - baik saja.

Baca: Ini Alasan Anies Baswedan Akhirnya Perpanjang PSBB Transisi

"Saya ingatkan sekali lagi, jangan lengah, jangan merasa kondisi baik-baik saja, dan jangan anggap semua orang di sekitar kita baik-baik saja," pungkas Anies.

Diketahui Pemprov DKI resmi memperpanjang masa PSBB transisi selama 14 hari, terhitung sejak 17 - 30 Juli 2020.

Baca: Anies Perpanjangan Fase 1 PSBB Transisi, Rencana Pembukaan Bioskop dan Tempat Hiburan Indoor Ditunda

Hal itu diputuskan karena dalam satu pekan terakhir, angka positivity rate Covid-19 di DKI justru alami peningkatan di level 5,9 persen atau tidak memenuhi standar WHO untuk disebut sebagai daerah yang mampu mengendalikan pandemi.

Selain itu angka kecepatan reproduksi penularan virus (Rt) di ibu kota per 12 Juli kemarin sebesar 1,15. Padahal WHO mensyaratkan daerah bisa melakukan pelonggaran jika angka Rt di bawah 1.

Meningkatnya Rt dan positivity rate berbanding lurus dengan bed occupancy atau penggunaan tempat tidur di RS rujukan DKI.

Terjadi peningkatan 11 persen dalam satu pekan terakhir dari semula 34 persen menjadi 45 persen, alias nyaris setengah total kapasitas terpakai.

Jika total DKI punya tempat tidur isolasi sebesar 4.556 unit, maka jumlah unit yang dipakai saat ini sebanyak 2.050 tempat tidur.

Ikuti kami di
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas