Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Idul Adha 2020

Hari Raya Idul Adha, 3.327 Personel Disiagakan Hingga 2 Agustus 2020

Polda membentuk 28 titik pos pengamanan untuk mengamankan Idul Adha 2020. Ribuan personel itu bakal difokuskan untuk berjaga di pos-pos yang dibentuk.

Hari Raya Idul Adha, 3.327 Personel Disiagakan Hingga 2 Agustus 2020
Ditjen Hubdat Kemenhub
Petugas memberikan sosialisasi kepada warga yang nekat mudik 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 3.327 personel gabungan disiapkan untuk mengawal terkait pengamanan menjelang Hari Raya Idul Adha di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Total personel yang diterjunkan merupakan bantuan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Pemerintah Provinsi.

"Polda Metro Jaya menyiapkan sekitar 3.327 personel dengan kekuatan 3.105 personel Polda, Polres kemudian ada backup TNI, Kodam Jaya 100 personel, Pemda baik itu Satpol PP, Dishub, Damkar dan Dinkes ada 122 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Kamis (30/7/2020).

Yusri mengatakan pihaknya juga membentuk 28 titik pos pengamanan untuk mengamankan Idul Adha 2020.

Nantinya, ribuan personel itu bakal difokuskan untuk berjaga di pos-pos yang telah dibentuk oleh kepolisian.

Baca: Tata Cara dan Bacaan Niat Salat Idul Adha yang Dilaksanakan pada Jumat 31 Juli 2020

"Ini kekuatan yang akan kita tempati untuk semua kegiatan pos-pos pengamanan, baik itu sebelum dilaksanakan Idul Adha, saat Idul Adha dan juga pengamanan untuk jalur-jalur yang kita perkirakan sampai dengan tanggal 2 Agustus atau hari Minggu," jelasnya.

Terpisah, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut pos pam itu tersebar mulai dari ruas jalan tol, arteri, lokasi transportasi umum hingga tempat wisata.

"Khusus dalam menghadapi libur Idul Adha, kita perkirakan pada hari Kamis sore nanti sudah ada peningkatan arus lalin untuk mudik serta pengamanan pada arus balik Idul Adha pada Minggu siang sampai dengan Minggu malam," jelasnya.

Sambodo mengatakan pihaknya juga akan memantau lokasi-lokasi pemotongan hewan kurban. Nantinya, proses pemotongan hingga pembagian daging hewan kurban harus memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

"Nanti kita datakan situasi terakhir terkait Salat Ied ini, mungkin masih ada beberapa tempat yang melaksanakan termasuk pemotongan hewan kurban di pinggir jalan. Kita khawatirkan ada kerumunan dan sebagainya, itu nanti kita akan tempatkan anggota termasuk selama liburan dan sampai nanti kembali," ujar dia.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas