Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Antisipasi Kemacetan Arus Balik Idul Adha, Polisi Siapkan Contra Flow hingga One Way

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu (2/8/2020) sore.

Antisipasi Kemacetan Arus Balik Idul Adha, Polisi Siapkan Contra Flow hingga One Way
TRIBUN JABAR/ZELPHI
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas sebagai antisipasi kemacetan pada arus balik libur panjang Hari Raya Idul Adha 1.441 Hijriah.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu (2/8/2020) sore.

Baca: Libur Panjang Idul Adha, Pengguna KRL Turun

Baca: Libur Idul Adha Berakhir, Besok Penumpang KRL Diperkirakan Melonjak, Hindari Kepadatan di Stasiun

Oleh karena itu, polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa contra flow di ruas jalan tol arah Jakarta mulai Minggu siang.

"Mulai nanti siang mungkin ada contra flow yang akan diberlakukan dari KM 65 sampai KM 57. Kalau ini tidak menolong, kita akan perpanjang sampai KM 28. Kalau itu tidak menolong, kita perpanjang lagi sampai KM 2+800," kata Sambodo di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (2/8/2020).

Sambodo melanjutkan, polisi juga menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa one way dari Jawa Tengah hingga DKI Jakarta apabila contra flow dinilai tidak efektif mengurai kemacetan.

Baca: Puncak Arus Balik Diprediksi 2 Agustus 2020, Warga Diminta Atur Waktu Perjalanan

"Kalau memang situasi membutuhkan, bisa saja kita malam ini akan melaksanakan one way, mulai dari Jawa Tengah sampai masuk Jakarta," ungkap Sambodo.

Berdasarkan catatan Ditlantas Polda Metro Jaya, sebanyak 300.000 kendaraan meninggalkan Jakarta sejak Kamis (30/7/2020) hingga Sabtu (1/8/2020).

"(Sebanyak) 160.000 (kendaraan) menuju ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur yang dihitung dari Gerbang Tol Cikampek Utama dan ada 140.000 (kendaraan) yang menuju Bandung dan Jawa Barat yang dihitung dari (gerbang) tol Kalihurip Utama," ucap Sambodo.

Adapun titik kepadatan yang perlu diantisipasi oleh pengguna jalan menuju arah Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek adalah pertemuan jalur arah Bandung, Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah di KM 62, serta di titik-titik rest area.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Siapkan Contra Flow hingga One Way Selama Arus Balik Idul Adha"

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas