Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

185 ABK WNI MV Zuiderdam Direpatriasi di Dermaga JICT 2 Tanjung Priok

Tiba di dermaga JICT 2, mereka disambut oleh Tim Satgas Evakuasi yang langsung melaksanakan protokol kesehatan covid-19

185 ABK WNI MV Zuiderdam Direpatriasi di Dermaga JICT 2 Tanjung Priok
Istimewa
ILUSTRASI - Pemulangan ABK yang merupakan WNI di kapal MV Dream Explorer diangkut menggunakan sekoci ke Dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komandan Lantamal III Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto selaku Dansatgas memimpin repatriasi 185 ABK WNI kapal pesiar MV Zuiderdam di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Kamis (6/8/2020).

Kapal pesiar MV Zuiderdam yang berbendera Negara Belanda tersrbut berlayar dari Manila, Filipina menuju Jakarta, dan melakukan lego jangkar sekitar 2 sampai 3 mil laut untuk repatriasi ABK sebanyak 185 orang.

Baca: Indef Sebut Pegawai Bergaji Rp 5 Juta ke Bawah Sanggup Atasi Dampak Covid-19

Mereka dibawa dari kapal dengan menggunakan tender boat menuju Dermaga Pelabuhan JICT II dan dengan pengamanan dari Satuan Patroli Lantamal III dan Tim Kopaska Koarmada I.

Tiba di dermaga JICT 2, mereka disambut oleh Tim Satgas Evakuasi yang langsung melaksanakan protokol kesehatan covid-19 terhadap personel maupun barang bawaan mereka.

Satu persatu ABK WNI diperiksa suhu tubuh dan disemprotkan cairan disinfektan oleh petugas yang sudah dilengkapi pakaian APD.

Sebelum masuk mesin x-ray barang-barang tersebut diperiksa menggunakan anjing pelacak K-9 dari Pom Lantamal III guna mengantisipasi adanya barang yang terlarang Narkotika.

Sedangkan, barang bawaan mereka diharuskan melalui x-ray tim Bea Cukai untuk dideteksi barang-barang terlarang dan barang yang terkena cukai antara lain minuman keras dan rokok.

Setelah selesai kemudian seluruhnya dinaikan ke bus pengantaran menuju Hotel Mercure Harmoni yang telah direkomendasikan oleh Gugus tugas penanganan Covid-19 DKI Jakarta.

Di hotel Tim KKP kemudian melaksanakan swab tes kepada seluruh ABK WNI.

Hermanto mengucapkan terima kasih pada seluruh tim yang selama ini melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Di sini kita bisa menunjukan sinergitas tim berjalan sesuai tugasnya masing-masing dimana tim kita terdiri dari TNI AL, Polri, KKP, Bea Cukai, Imigrasi, KSOP, BP2M, Perla, Principal/Agen, dan pengusaha Bus atau hotel tempat pemeriksaan swab dan karantina ABK. Kedepan Tim kita selalu siap dan solid bila masih ada lagi ABK yang akan di evakuasi melalui Pelabuhan Tanjung Priok," kata Hermanto dalam akun Instagram resmi Lantamal 3 Jakarta, @lantamal_3_jakarta, pada Kamis (6/8/2020).

Kapal MV Zuiderdam merupakan kapal ke-21 yang turun melalui Pelabuhan Tanjung Priok (JICT-2).

Baca: Hari Ini ada 29.375 Spesimen Terkait Covid-19 Rampung Diperiksa

Total hingga hari ini tercatat sebanyak 6.337 ABK dari 21 kapal tersebut telah direpatriasi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Dansatgas Kolonel Marinir A Beny Sarana, Perwira Kogabwilhan I, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Kurniawan Tandi Rongre, Syahbandar, KSOP, Imigrasi, Bea cukai dan pihak agen kapal.

Ikuti kami di
Penulis: Gita Irawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas