Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ratusan Ikan di Situ Rawa Besar Mati Mendadak, Warga Panen Ikan Mengambang

Camat Pancoran Mas, Utang Wardaya, menuturkan, berdasarkan keterangan warga sekitar, peristiwa ini pernah terjadi beberapa tahun silam.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Ratusan Ikan di Situ Rawa Besar Mati Mendadak, Warga Panen Ikan Mengambang
st/ Ismir R
Tampak warga menemukan ikan mati di permukaan air sungai dan daratan tepi sungai, beberapa desa di Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka.  

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Ratusan ikan air tawar di Situ Rawa Besar, Pancoran Mas, Kota Depok ditemukan mati mendadak.

Ikan-ikan itu mengambang  di permukaan air Situ Rawa Besar pada Rabu (19/8/2020) kemarin.

Diwartakan sebelumnya, warga sekitar memanfaatkan peristiwa ini dengan berbondong-bondong memanen ikan yang mengambang.

Petugas pengibar bendera melakukan pengibaran bendera Merah Putih pada peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 RI di tengah Situ Ciledug, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (17/8/2020). Upacara yang diikuti oleh ratusan aktivis lingkungan hidup dan juga organisasi kepemudaan itu bertujuan agar pemerintah terus menjaga keberadaan situ yang ada di manapun.
Petugas pengibar bendera melakukan pengibaran bendera Merah Putih pada peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 RI di tengah Situ Ciledug, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (17/8/2020). Upacara yang diikuti oleh ratusan aktivis lingkungan hidup dan juga organisasi kepemudaan itu bertujuan agar pemerintah terus menjaga keberadaan situ yang ada di manapun. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)




Menggunakan peralatan seadanya seperti ember, jaring, hingga tangan kosong, sejumlah warga berhasil memperoleh puluhan kilogram ikan hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Camat Pancoran Mas, Utang Wardaya, menuturkan, berdasarkan keterangan warga sekitar, peristiwa ini pernah terjadi beberapa tahun silam sebelum dirinya menjabat sebagat Camat.

"Saya baru tahu bahwa memang setiap periode tahunan atau berapa itu. Pernah terjadi sebelumnya. Info warga pernah terjadi lima tahunan yang lalu, karena saya juga belum bertugas di Kecamatan," ujar Utang dikonfirmasi peristiwa tersebut, Kamis (20/8/2020).

Ketika ditanya penyebabnya, Utang enggan berkomentar lebih banyak lantaran ia pun masih belum tahu pasti.

BERITA TERKAIT

"Kalau ikan mati secara mendadak iya benar ada faktanya. Kalau untuk penyebabnya saya gak tahu," katanya.

Tanpa sebab, ratusan ton ikan mati mendadak di danau Toba, tepatnya di Pintu Sona, Pangururan, Kabupaten Samosir pada Selasa (28/8/2018).
Tanpa sebab, ratusan ton ikan mati mendadak di danau Toba, tepatnya di Pintu Sona, Pangururan, Kabupaten Samosir pada Selasa (28/8/2018). (WARTA KOTA/ANDIKA PANDUWINATA)

Terkait isu yang beredar bahwa banyaknya ikan yang mati di Situ Rawa Besar disebabkan limbah sampah.

Utang berujar warga sekitar harus bisa menjaga kebersihan, .

"Warga harus disiplin kan memang, jangan Situ dijadikan buat tempat sampah dan limbah rumah tangga," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Ratusan Ikan Mati Mendadak di Situ Rawa Besar, Camat Pancoran Sebut Pernah Terjadi Sebelumnya

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas