Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Ruang HCU Pasien Covid-19 di Sejumlah Rumah Sakit Kota Depok Mulai Penuh

Tak hanya daya tampung, ketersediaan tenaga medis pun kini tengah menjadi persoalan baru di masa Pandemi Covid-19 ini.

Ruang HCU Pasien Covid-19 di Sejumlah Rumah Sakit Kota Depok Mulai Penuh
WARTA KOTA/Vini Rizki
Sejumlah pusat perbelanjaan dan mini market di Kota Depok tampak sepi jelang pukul 18.00 WIB, Senin (31/8/2020) terkait jam malam di wilayah itu. (Warta Kota/Vini Rizki Amelia) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK – Ruang High Care Unit (HCU) di sejumlah Rumah Sakit rujukan Covid-19 di Kota Depok, Jawa Barat, mulai mendekati batas maksimal daya tampung pasien.

Tak hanya daya tampung, ketersediaan tenaga medis pun kini tengah menjadi persoalan baru di masa Pandemi Covid-19 ini.

Untuk menanggulangi persoalan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita, menuturkan, pihaknya merujuk pasien Covid-19 ke beberapa rumah sakit yang ada di wilayah berdekatan.

“Untuk saat ini pasien yang butuh HCU kita kan sudah terintegrasi dengan wilayah lain, jadi kalau di Depok enggak ada bisa ke Bogor, Jakarta, dan Bekasi,” ujar Novarita saat dikonfirmasi wartawan, Senin (21/9/2020).

Baca: 2 Minggu Terakhir, Petugas TPU Pondok Ranggon Makamkan 40 Jenazah Pasien Covid-19 per Hari

Terkait persoalan keterbatasan tenaga medis, Novarita menuturkan pihaknya juga tengah membuka lowongan dan melakukan recruitment.

“Ada beberapa Rumah Sakit yang HCU-nya ada tapi untuk operasionalnya kekurangan SDM. Nah sekarang kita lagi recruitment,” jelasnya.

 Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita ketika dijumpai wartawan di ruangannya di Kantor Wali Kota Depok, Kamis (28/11/2019).
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita ketika dijumpai wartawan di ruangannya di Kantor Wali Kota Depok, Kamis (28/11/2019). ()

Di lain tempat, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, mengungkapkan, dirinya merasa prihatin dengan kondisi seperti ini.

“HCU kita sangat terbatas, dan berkaca dari beberapa kasus, idealnya memang harus ditambah,” kata Pradi dikonfirmasi terpisah.

Atas kondisi itu, Pradi berujar pihaknya tengah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan juga pusat, untuk menambah ruang HCU baru serta tenaga medis.

“Banyak ruang-ruang yang bisa digunakan. Harapan saya segera dieksekusi ruang-ruang HCU baru, terutama di rumah sakit plat merah,” ungkapnya.

Baca: Menteri Agama Fachrul Razi Positif Covid-19, Sudah Dua Bulan Tak Bertemu Jokowi

Pradi menuturkan, dirinya juga turun langsung untuk membantu warganya yang kesulitan mendapatkan perawatan di Ruang HCU.

“Ada sejumlah pasien yang memang harusnya segera mendapat bantuan tapi terpaksa masih harus menunggu, nah ini jadi catatan penting buat keselamatan. Ini (HCU) jadi prioritas kami untuk segera dieksekusi penambahan dan SDM-nya,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Ruang HCU Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Rujukan Kota Depok Mulai Penuh

Ikuti kami di
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: TribunJakarta
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas