Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

UU Cipta Kerja

Pemprov DKI Suntikan Modal untuk Korban Kebakaran di Simpang Lima Senen saat Demo UU Cipta Kerja

Pemprov DKI Jakarta akan memberikan suntikan modal bagi korban kebakaran di Simpang Lima Senen, Jakarta Pusat, Kamis (8/10/2020) malam.

Pemprov DKI Suntikan Modal untuk Korban Kebakaran di Simpang Lima Senen saat Demo UU Cipta Kerja
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Gedung bioskop Grand Theater di kawasan Senen, Jakarta Pusat, terbakar hebat pada Kamis (8/10/2020) malam sekitar pukul 22.30 WIB. Api terlihat membakar bagian belakang bioskop tersebut. Belum diketahui faktor penyebab terbakarnya bioskop Grand Theater itu. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta masih mendata nilai kerugian kebakaran yang terjadi di Simpang Lima Senen, Jakarta Pusat pada Kamis (8/10/2020) malam.

Nantinya usai pendataan, para pemilik toko dan kios yang terbakar akan mendapat suntikan modal dari Pemprov DKI Jakarta.

“Pemerintah nanti akan memberikan bantuan kepada UMKM, sekarang sedang kami cek ulang berapa kerugiannya dan berapa jumlah bantuan yang akan kami berikan untuk pedagang yang dirugikan akibat aksi pembakaran,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat meninjau lokasi kebakaran pada Sabtu (10/10/2020) pagi.

Sejumlah petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang membakar gedung bioskop Grand Theater di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Kamis (8/10/2020) malam sekitar pukul 22.30 WIB. Api terlihat melalap bagian belakang bangunan bioskop tersebut. Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang sudah menghanguskan sebagian bangunan bioskop itu. Tribunnews/Jeprima
Sejumlah petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang membakar gedung bioskop Grand Theater di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Kamis (8/10/2020) malam sekitar pukul 22.30 WIB. Api terlihat melalap bagian belakang bangunan bioskop tersebut. Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang sudah menghanguskan sebagian bangunan bioskop itu. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Pria yang akrab disapa Ariza ini menyesalkan pembakaran kios dan perusakan fasilitas sosial dan fasilitas umum oleh massa yang kecewa pada pemerintah pusat yang menyetujui UU Cipta Kerja.

“Kami menyayangkan aksi perusakan dan anarkis. Perusakan fasilitas umum, ada 20 halte dan tiga stasiun MRT. Belum lagi pos polisi, pembatas jalan, cermin, traffic light, traffic cone, dan beberapa lainnya,” ujar Ariza.

“Termasuk di sini ada teater yang sudah lama berdiri di Senen ini. Ada ruko tempat jual mainan anak-anak, ruko toko buku, dan rumah ibadah yang dirusak yah,” tambah politisi Partai Gerindra ini.

Kerusakan masih terlihat di bekas bioskop Grand Theater, halte TransJakarta, dan ruko di sekitar Jalan Kramat Bundar Senen Jakarta yang dibakar, Jumat (9/10/2020). Gedung bekas bioskop dan fasilitas umum dibakar oleh massa yang terlibat bentrok dengan polisi usai demonstrasi penolakan UU Cipta Kerja pada Kamis (8/10/2020). TRIBUNNEWS/HERUDIN
Kerusakan masih terlihat di bekas bioskop Grand Theater, halte TransJakarta, dan ruko di sekitar Jalan Kramat Bundar Senen Jakarta yang dibakar, Jumat (9/10/2020). Gedung bekas bioskop dan fasilitas umum dibakar oleh massa yang terlibat bentrok dengan polisi usai demonstrasi penolakan UU Cipta Kerja pada Kamis (8/10/2020). TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Ariza menuturkan korban pembakaran di Simpang Lima Senen juga menyayangkan adanya aksi pembakaran dan perusakan itu.

Kabar pemerintah daerah menjanjikan adanya pinjaman untuk modal usaha membawa angin segar bagi mereka. 

“Nanti jumlah unitnya (bantuan) akan disesuaikan dengan kebutuhan. Kami juga mengajak masyarakat untuk berkolaborasi membantu sesama yang dirugikan atas aksi pengrusakan dan pembakaran tersebut,” tambahnya. 

Bioskop Senen terbakar

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas