Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Siap Digunakan, 2 Hektar Lahan TPU Rorotan Bisa Tampung 5000 Makam Khusus Covid-19

2 hektar lahan TPU Rorotan bisa tampung 5000 makam, jadwal pasti penggunaan makam untuk jenazah Covid-19 masih menunggu kebijakan Pemprov DKI.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Siap Digunakan, 2 Hektar Lahan TPU Rorotan Bisa Tampung 5000 Makam Khusus Covid-19
TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino
Suasana di lahan pembangunan TPU khusus Covid-19 di Jalan Rorotan IX, RT 03 RW 09 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (6/1/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan di Jalan Rorotan IX RT 03 RW 09 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara sudah siap digunakan untuk pemakaman khusus jenazah Covid-19.

Dari total 25 hektar lahan yang ada di lokasi, dua hektar di antaranya sudah dibangun guna  pemakaman jenazah Covid-19 ini.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara, Putut Widya Martata mengatakan, dua hektar lahan yang sudah disiapkan itu merupakan tahap pertama dari rencana pembangunan keseluruhan lahan.

"Total keseluruhan lahan di sini 25 hektar. Jadi rencana tahap pertama ini lahan yang kita urug sebesar dua hektar," kata Putut, Sabtu (9/1/2021).

Baca juga: Korban Meninggal Akibat Covid-19 Meningkat, TPU Jombang di Tangsel Buka Lahan Baru

Menurut Putut, sedikitnya 8.000 meter persegi dari total dua hektar lahan telah siap digunakan dan mampu menampung sekitar 1.500 makam. 

Apabila seluruh lahan yang berjumlah dua hektar tersebut sudah siap digunakan, maka daya tampungnya bisa untuk 5.000 makam.

"Untuk yang 8.000 meter persegi sudah siap digunakan. Sedangkan untuk dua hektar lahan pada tahap pertama diestimasi dapat menampung hingga 5.000 jenazah," kata Putut.

BERITA REKOMENDASI

Meski demikian, hingga kini jadwal pasti penggunaan TPU Rorotan untuk jenazah Covid-19 masih menunggu kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Covid-19 Melonjak Desember 2020, Penggali di TPU Jombang Kekurangan Pacul untuk Gali Liang Lahad

Sembari menunggu keputusan dari Pemprov, penggarapan lahan terus dilakukan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Dinas Bina Marga, Dinas Sumber Daya Air mulai dari kelurahan, kecamatan hingga kota.

Begitu pun kolaborasi dari sejumlah stakeholder dan masyarakat sekitar lokasi yang mendukung adanya penggarapan lahan TPU Rorotan untuk pemakaman Covid-19.

"Penggarapan lahan ini menjadi bukti kolaborasi kami untuk kepentingan masyarakat," tutup dia.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Tahap Pertama Pembangunan, Dua Hektar Lahan TPU Rorotan Bisa Tampung 5.000 Makam

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas