Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Langgar PPKM, Tiga Kafe di Bekasi Dipasang Police Line, Disegel Selama 3 Hari 

Tidak patuh PPKM karena buka di atas pukul 20.00 WIB, tiga kafe di Bekasi dipasang police line dan disegel, dilarang beroperasi selama 3 hari.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Langgar PPKM, Tiga Kafe di Bekasi Dipasang Police Line, Disegel Selama 3 Hari 
ISTIMEWA
Kafe di Bekasi Selatan dipasang police line karena tak patuh PPKM, Sabtu (30/1/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Polsek Bekasi Selatan bersama unsur Kecamatan dan TNI, menggelar razia Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Sasaran razia kali ini adalah sejumlah kafe yang buka di atas pukul 20.00 WIB.

Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Imam Syafiin mengatakan, kegiatan razia dilakukan secara rutin, terakhir pihaknya menyegel tiga kafe pada Sabtu, (30/1/2021).

"Di masa PPKM kami melakukan penyesuaian ke kafe-kafe dan tempat usaha apakah mematuhi peraturan jam operasional," kata Imam, Minggu (31/1/2021).

Baca juga: Penampakan Barang Bukti Ribuan Masker dan Bahan Baku di Pabrik Masker Ilegal di Bekasi

Penindakan dalam razia PPKM dilakukan dengan cara, memasang police line atau garis polisi mengitari area kafe.

Pemasangan garis polisi sama dengan penyegelan, tempat usaha tersebut dilarang beroperasi selama tiga hari sebagai bentuk sanksi.

"Minimal 2-3 hari tidak melaksanakan kegiatan usaha setelah itu, nanti bisa ke polsek untuk membuat surat pernyataan," ucapnya.

Baca juga: Kemkominfo Catat Ada 1.488 Isu Hoaks Terkait Covid-19 dan Vaksin

BERITA TERKAIT

Dalam surat pernyataan, pelaku usaha yang terkena sanksi penyegelan diminta untuk tidak mengulangi kesalahannya dan bersedia dikenakan sanksi berikutnya.

"Kami lakukan tindakan yaitu berupa police line agar menjadi perhatian dia supaya tidak mengulangi lagi pelanggaran yang dilaksanakan," tegasnya.

Adapun PPKM di Kota Bekasi berlangsung sejak 11 Januari sampai 25 Januari 2020, kebijakan itu kemudian diperpanjang sejak 26 Januari sampai 8 Februari 2020 mendatang.

Berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, perpanjangan PPKM Jawa - Bali dilakukan dengan sedikit melonggarkan aturan jam operasional mal, restoran dan sebagainya menjadi 20.00 WIB.

Selain itu, poin dalam instruksi kebijakan PPKM mengatur pembatasan tempat kerja dengan 75 persen work from home (WFH) dan 25 persen sisanya diperbolehkan work from office (WFO).

Baca juga: Klaster Keluarga Mendominasi di Kota Bekasi, Tercatata Ada 6.114 Kasus Covid-19 

Lalu melaksanakan kegiatan belajar secara daring, untuk sektor usaha kebutuhan pokok masyarakat boleh beroperasi 100 persen dengan pembatasan jam operasional dan penerapan protokol kesehatan.

Kegiatan usaha restoran dibatasi layanan makan di tempat hanya 25 persen kapasitas, untuk layanan pesan antar diperbolehkan sesuai jam operasional pukul 20.00 WIB.

Mengizinkan kegiatan konstruksi beroperasi 100 persen dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Untuk kegiatan di tempat ibadah tetap dapat dilaksanakan, dengan pembatasan kapasitas sebesar 50 persen dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Nekat Langgar PPKM, Tiga Kafe di Bekasi Dipasang Police Line

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas