Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Gubernur DKI Anies Ungkap Rahasia Bebaskan Warga Cipinang Melayu dari Banjir 

Gubernur Anies katakan permukiman Cipinang Melayu kini bebas banjir, pengerukan Waduk Rangon dan Tilu sukses antisipasi banjir di wilayah tersebut.

Gubernur DKI Anies Ungkap Rahasia Bebaskan Warga Cipinang Melayu dari Banjir 
TribunJakarta/Bima Putra
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengunjungi permukiman warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, Selasa (9/2/2021) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim upaya penanganan banjir di permukiman warga Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar berhasil.

Hal ini disampaikan Anies dalam kunjungannya ke permukiman warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu yang jadi korban banjir luapan Kali Sunter pada Selasa (9/2/2021) malam.

Anies menjelaskan permukiman warga RW 04 yang pada awal tahun 2020 lalu terdampak banjir hingga ketinggian tiga meter kini sudah bebas banjir.

"Tempat ini hampir setiap musim hujan selalu terendam. Nah ikhtiar yang kita lakukan adalah dengan melakukan pengerukkan Waduk Rangon dan Waduk Tiu di sisi Selatan di Jakarta Timur," kata Anies di Jakarta Timur, Selasa (9/2/2021).

Baca juga: Gaya Gubernur DKI Anies Baswedan Semangati Pasien Covid-19 di Pulo Gebang

Menurutnya pengerukan dan pembuatan sodetan di kedua waduk yang bertujuan mengurangi debit air di hulu aliran Kali Sunter berhasil mencegah banjir.

Dia mencontohkan pada Senin (8/2) dan Selasa (9/2) saat BMKG menyatakan Jakarta berstatus siaga banjir, permukiman warga RW 04 bebas banjir.

"Dengan cara seperti itu, Alhamdulilah kita dimudahkan untuk bisa mengendalikan volume air di tempat ini. Kawasan RW 04 Cipinang Melayu akhirnya warga bisa merasakan musim penghujan tanpa harus merasakan banjir," ujarnya.

Namun Anies tak membahas perkembangan proyek normalisasi Kali Sunter yang dilanjutkan pemerintah pusat dan Pemprov DKI akhir tahun 2020 lalu.

Hanya bahwa penanganan banjir di permukiman warga Kelurahan Cipinang Melayu korban banjir luapan Kali Sunter masih terus berlanjut.

"Tidak lama lagi fase kedua akan kita teruskan, yaitu memastikan bahwa tanggulnya (tanggul Kali Sunter) di sini dituntaskan, saat ini masih tanggul temporer (masih berupa beronjong)," tuturnya.

Baca juga: Cari Tambahan Nafkah, 2 Pedagang Ikan Ditangkap Karena Edarkan Sabu di Muara Baru 

Pernyataan tersebut dibenarkan Ketua RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu Irwan Kurniadi yang mendampingi Anies saat meninjau Kali Sunter.

Irwan menuturkan saat pintu air Waduk Tiu berstatus siaga satu pada Senin (8/2/2021) permukiman warganya bebas banjir dan pengungsi.

"Saat siaga satu kemarin Kali Sunter hanya meluap semata kaki (sekitar 10 sentimeter). Itu pun hanya di sekitar bantaran Kali Sunter, tidak sampai ke jalan," kata Irwan.

Pantauan wartawan TribunJakarta.com, Anies yang tiba di permukiman warga RW 04 sekira pukul 19.14 WIB meninggalkan lokasi sekira pukul 19.50 WIB.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Anies: Warga Cipinang Melayu Bisa Merasakan Musim Hujan Tanpa Kebanjiran

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas