Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Banjir di Jakarta

Kementerian PUPR Segera Normalisasi Kali Bekasi Sepanjang 33 Km, Target 2 Tahun Selesai

Basuki mengaku telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bekasi untuk pelaksanaan normalisasi Kali Bekasi.

Kementerian PUPR Segera Normalisasi Kali Bekasi Sepanjang 33 Km, Target 2 Tahun Selesai
TRIBUNNEWS.COM/IST/HO
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terjun langsung dalam proses evakuasi korban banjir di Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur, dan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, pada Jumat (19/1/2021). TRIBUNNEWS.COM/IST 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian PUPR telah menyiapkan penanganan banjir yang kerap terjadi di sebagian wilayah Kota Bekasi, akibat meluapnya sungai atau Kali Bekasi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, saat meninjau kondisi banjir di Perumahan Pondok Gede Permai, Jatirasa, Jatiasih, Sabtu (20/2/2021).

"Ada dua tindakan, pertama dalam satu tahun ini Kementerian PUPR tangani secara sistem Kali Bekasi, mulai dari pertemuan Sungai Cikeas dan Cileungsi sampai ke muara Sungai Bekasi. Salah satu paketnya sudah terkontrak dan mulai dilaksanakan akhir Februari 2021 ini, insyaAllah 2 tahun selesai," kata Basuki.

Banjir di Perumahan PGP Jatiasih Kota Bekasi, Sabtu (20/2/2021).
Banjir di Perumahan PGP Jatiasih Kota Bekasi, Sabtu (20/2/2021). (TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar)

Basuki mengaku telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bekasi untuk pelaksanaan normalisasi Kali Bekasi, utamanya terkait pembebasan lahan.

"Total panjang yang akan ditangani 33 kilometer. Kami sudah dari PUPR membuat rencana sistemik menjadi tujuh paket," paparnya.

Sementara, khusus penanganan darurat banjir di Perumahan Pondok Gede Permai, Kementerian PUPR akan menutup tanggul jebol sepanjang 60 meter dengan geobag sebanyak 700 buah.

Baca juga: 94 Titik di Kabupaten Bekasi Terendam Banjir, 13.617 Kepala Keluarga Terdampak

Baca juga: Rumah Terendam Banjir saat Isoman, Satu Keluarga di Bekasi Dievakuasi Petugas Berpakaian APD

"Saya minta tiga hari selesai pengisian geobag dan dipasang di sini. Jadi kalau nanti surut sedikit, langsung masuk tidak menunggu kering," ujar Basuki.

Menurutnya, banjir di Pondok Gede Permai karena jebolnya tanggul Kali Bekasi yang berada di dekat perumahan setelah hujan deras pada Sabtu dini hari.

Tercatat setidaknya ada 700 keluarga yang terdampak banjir di perumahan tersebut.

Ikuti kami di
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas