Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Banjir di Jakarta

Bertemu Luhut, Gubernur Anies Baswedan Minta Dukungan Penanganan Banjir di Jakarta

Ahmad Riza Patria mengatakan, pertemuan Anies Baswedan dengan Luhut Binsar Pandjaitan untuk meminta dukungan penanganan banjir

Bertemu Luhut, Gubernur Anies Baswedan Minta Dukungan Penanganan Banjir di Jakarta
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
ENDAPAN LUMPUR PASCA BANJIR - Pasca banjir, endapan lumpur menumpuk menutupi hampir sebagian permukaan air di Kali Mookervart, yang berada di sekitar kawasan Pasar Hipli Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (28/2/2021). Endapan lumpur yang nyaris membentuk daratan ini selain menghambat arus air juga mengurangi daya tampung air di kali ini. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pertemuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Rabu (10/3/2021) untuk meminta dukungan penanganan banjir Jakarta

"Pembahasan Pak Gubernur dengan Pak Luhut terkait bagaimana program-program penting infrastruktur DKI terkait banjir, lingkungan, sampah, dan lain-lain yang kami memang memerlukan dukungan dari pusat," kata Riza di Balaikota DKI Jakarta, Jumat.

Baca juga: Anies Baswedan Bertemu Luhut, Apa yang Dibicarakan? Ini Kata Wagub Riza Patria

Riza mengatakan, salah satu masalah banjir yang dibahas adalah penanggulangan air di hulu aliran sungai yang menuju Jakarta.

Menurut Riza, penanganan banjir di hulu dengan membuat bendungan merupakan salah satu solusi penanganan banjir Jakarta seperti yang pernah disebut Presiden Joko Widodo.

"Mengikuti apa yang disampaikan Pak Jokowi ketika jadi Gubernur (DKI)," ucap Riza.

Pemerintah pusat sudah membangun dua waduk di hulu dan akan selesai pada akhir tahun 2021. Hal itu diharapkan bisa mengurangi beban aliran sungai di Jakarta.

Pada prinsipnya, kata Riza, Pemprov DKI dan pemerintah pusat akan bekerja sama untuk menangani banjir yang tak kunjung usai di Jakarta.

Baca juga: Anak Buah Anies Jadi Tersangka di KPK, Program Rumah DP 0 Rupiah Terus Dikebut 

"Prinsipnya kami bekerja sama antara pemerintah pusat, DKI, dan daerah penyangga bersama-sama mencari solusi terkait penanganan banjir," kata Riza.

Anies bertemu Luhut pada Rabu lalu untuk melakukan beragam koordinasi masalah di Ibu Kota.

"Pak Luhut, I come to you with menu of problem" Begitu kalimat pertama yang beliau sampaikan. Saya jawab, No problem, Pak, we can solve it. Asal harus terintegrasi." Karena prinsip dan banyak pengalaman problem solving yang saya lakukan, termasuk dalam kaitannya dengan program-program kerja pemerintah," kata Luhut dalam akun media sosial resminya, Kamis kemarin tentang pertemuannya dengan Anies.

Ada tiga hal yang dibicarakan Anies dengan Luhut, pertama mengenai pengendalian banjir, kedua soal pengembangan transportasi yang terintegrasi, dan terakhir dengan nasib pariwisata di Kepulauan Seribu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wagub DKI: Anies Bertemu Luhut Minta Dukungan Penanganan Banjir"

Ikuti kami di
Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas