Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemprov DKI Pastikan Inflasi Terjaga dan Pasokan Pangan Aman Jelang Ramadan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan inflasi dan pasokan pangan jelang bulan Ramadan dalam kondisi aman.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pemprov DKI Pastikan Inflasi Terjaga dan Pasokan Pangan Aman Jelang Ramadan
dok. Pemprov DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan inflasi dan pasokan pangan jelang bulan Ramadan dalam kondisi aman.

Hal ini disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai mendengar paparan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan BUMD bidang pangan, dalam rapat di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (7/4/2021).

"Secara kesiapan, kita siap dan stoknya aman. Perlu kita garisbawahi adalah menggerakkan perekonomian dengan menjaga demand dari kosumsi rumah tangga. Bila kosumsi rumah tangga bergerak, maka akan berdampak besar pada rute menuju recovery dari pandemi," kata Anies dalam keterangannya.

Baca juga: Anies Baswedan Pastikan Inflasi Terjaga dan Pasokan Pangan Aman Jelang Ramadan

Anies mengatakan kondisi inflasi atau naiknya harga barang kebutuhan pokok di bulan Ramadan terjadi setiap tahun. Sehingga ia meminta jajarannya terus mengantisipasi terjadinya lonjakan harga, dengan memastikan pasokan kebutuhan pokok tetap di level aman.

"Kita akan antisipasi (inflasi) jelang Ramadan, di mana dari tahun ke tahun kita menemukan situasi yang hampir sama. Kita harus siapkan agar masyarakat mendapatkan kepastian, khususnya pasokan kebutuhan pokok berjalan lancar, sehingga demand (permintaan) terjaga dan harga stabil, serta terjangkau," ucapnya.

Adapun berdasarkan data Tim Penanganan Inflasi Daerah (TPID) DKI Jakarta, inflasi di ibu kota tercatat relatif terjaga, bahkan lebih rendah dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga: Rektor IPB: Digitalisasi Pertanian Jadi Solusi Swasembada Pangan

BERITA REKOMENDASI

Tercatat inflasi Jakarta sebesar 0,06 persen (month to month), atau sebesar 1,11 persen (year on year) pada Maret 2021.

Secara kumulatif, inflasi Jakarta sampai dengan Maret 2021 tercatat sebesar 0,38 persen (year to date) lebih rendah dari periode yang sama tahun 2020 yaitu 0,85 persen (year to date).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas