Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kerumunan Massa di Acara Rizieq Shihab

Rizieq Tolak Swab Test Ulang, Walikota Bogor: Muncul Polemik di Medsos Hingga Aksi Demo Mahasiswa

Bima menyebut muncul polemik di media sosial hingga media mainstream, bahkan terjadi aksi protes para mahasiswa Kota Bogor.

Rizieq Tolak Swab Test Ulang, Walikota Bogor: Muncul Polemik di Medsos Hingga Aksi Demo Mahasiswa
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Wali Kota Bogor Bima Arya menghadiri persidangan terdakwa Muhammad Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Rabu (14/4/2021) untuk diperiksa sebagai saksi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Walikota Bogor Bima Arya mengatakan kabar dirawatnya terdakwa Rizieq Shihab di Rumah Sakit (RS) Ummi Kota Bogor, dan isu penolakan swab test ulang membuat sejumlah gejolak di masyarakat.

Bima menyebut muncul polemik di media sosial hingga media mainstream, bahkan terjadi aksi protes para mahasiswa Kota Bogor.

Kondisi ini kata Bima sangat mengganggu khususnya terkait penanganan kasus Covid-19.

Hal ini disampaikan Bima saat menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus swab test palsu terdakwa Rizieq Shihab di RS Ummi, di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (14/4/2021).

Mulanya hakim bertanya bagaimana situasi Kota Bogor saat informasi Rizieq Shihab dirawat di RS Ummi diketahui khalayak ramai, termasuk adanya permintaan swab test ulang kepada terdakwa yang kemudian muncul isu penolakan.

"Informasi mengenai Habib Rizieq Shihab dirawat, kemudian proses yang tadi saudara ceritakan. Situasi Kota Bogor bisa saudara ceritakan?," tanya hakim.

Habib Rizieq Shihab  di lorong Rumah Tahanan Bareskrim Polri, Jumat (19/3/2021).
Habib Rizieq Shihab di lorong Rumah Tahanan Bareskrim Polri, Jumat (19/3/2021). (Tribunnews.com/ Danang Triatmojo)

"Tentu kondisi kita sangat terganggu karena polemik yang ramai di media cetak elektronik online dan sosial media, kedua ada beberapa aksi dari masyarakat dan mahasiswa yang menyoroti kasus ini," jawab Bima di persidangan.

Kendati begitu, Bima selaku Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor telah meredam aksi mahasiswa tersebut karena justru akan menambah gangguan konsentrasi pemberantasan Covid-19 di Kota Bogor. 

Baca juga: Hakim Tanya Bima Arya Alasan Permintaan Swab Test Ulang Terhadap Rizieq Shihab

Menurut Bima permintaan swab test ulang saat itu penting dilakukan, mengingat tak ada informasi yang jelas soal klaim pihak Rizieq Shihab sudah di swab.

Apalagi hasil swab test yang diklaim sudah dilakukan Rizieq Shihab tak pernah dilaporkan ke tim Satgas Covid-19 Kota Bogor.

"Ini penting untuk legitimasi kewenangan negara bahwa ini Satgas. Kalau diragukan langkah - langkah ini, bagaimana kami bisa efektif untuk ke depannya. Jadi bagi kami Satgas ini bukan persoalan apapun kecuali protokol kesehatan," tegas Bima.

Dalam kasus swab test palsu di RS Ummi, Rizieq Shihab didakwa melanggar Pasal 14 Ayat (1) subsider Pasal 14 Ayat (2) lebih subsider Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Sementara itu, dalam dakwaan kedua, Rizieq diduga dengan sengaja menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah.

Ia disangkakan Pasal 14 Ayat (1) UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Terakhir, dalam dakwaan ketiga, ia didakwakan melanggar Pasal 216 Ayat 1 KUHP jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. 
 

Ikuti kami di
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas