Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Jakpro Optimistis Pembangunan Jakarta International Stadium Rampung Oktober 2021

Stadion ini nantinya bakal dilengkapi dengan atap buka tutup yang mengadopsi struktur space frame atau kerangka struktural tiga dimensi.

Jakpro Optimistis Pembangunan Jakarta International Stadium Rampung Oktober 2021
Tribunnews/Ferryal Immanuel
Progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) yang kelak akan menjadi stadium untuk multi event.  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), di Tanjung Priok, Jakarta Utara baru mencapai 52,5 persen. Tersisa 6 bulan lagi dari target penyelesaian yang sebelumnya ditetapkan.

Corporate Manager Communication PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Melisa Sjach mengaku pihaknya optimistis pembangunan stadion kandang Persija itu akan rampung Oktober tahun ini.

"Kami optimistis pembangunan rampung Oktober 2021 mendatang atau paling lambat pada akhir tahun," ujar Corporate Manager Communication PT Jakpro, Melisa Sjach, Kamis (15/4/2021).

Pengerjaan pada pekan ke-84 ini tengah fokus pada segmen main truss (rangka atap) dan konstruksi stadion.

Progres konstruksi stadion saat ini sedang dalam pengerjaan bekisting plat, precast tribun, bekisting kolom pierhead, concourse, pekerjaan pengecoran balok miring, assembling rangka baja atap, ramp timur dan mockup facade sisi selatan.

Baca juga: JIS Akan Jadi Stadium Multi Fungsi, dari Pertandingan Sepakbola Sampai Penyelenggaraan Konser

Selain itu berlangsung pula pengerjaan instalasi fire fighting, instalasi kabel stray dan plumbing, instalasi ducting hvac, dan area lapangan latihan.

Stadion ini nantinya bakal dilengkapi dengan atap buka tutup yang mengadopsi struktur space frame atau kerangka struktural tiga dimensi.

Space frame adalah sebuah sistem struktur rangka ruang yang menggunakan sistem sambungan antar batang membentuk segitiga dengan joint-joint yang saling mengunci dengan pola geometri.

Melisa menjelaskan konsep green building pada stadion ini memungkinkan JIS memiliki fungsi multi purpose venue.

Alias, JIS bukan cuma sebagai tempat pertandingan sepakbola, tapi juga diperuntukan bagi kegiatan besar lain seperti eksibisi hingga konser musik.

"Struktur rangka space frame ini mudah dipasang, dan dibentuk. Disain dengan sistem space frame ini lebih efisien dan lebih cepat dari segi pemasangan dibanding rangka baja profil dengan bentang yang panjang," ucap dia.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas