Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Menteri Kesehatan Buka Program Vaksinasi 10.000 Lansia di RS Husada

Menkes hadiri pembukaan Program Home Care & Home Delivery Vaksinasi 10.000 Lansia untuk Negara yang dilaksanakan di Rumah Sakit Husada, Jakarta.

Menteri Kesehatan Buka Program Vaksinasi 10.000 Lansia di RS Husada
ISTIMEWA
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membuka kegiatan Program Home Care & Home Delivery Vaksinasi 10.000 Lansia untuk Negara yang dilaksanakan di Rumah Sakit Husada, Jakarta Pusat, Rabu (21/4/2021) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membuka kegiatan Program Home Care & Home Delivery Vaksinasi 10.000 Lansia untuk Negara yang dilaksanakan di Rumah Sakit Husada, Jakarta Pusat, Rabu (21/4/2021) pagi.

Komunitas Indonesia Lawan Libas Covid-19 (KILLCOVID19) menginisiasi lahirnya Program Home Care (penjemputan lansia menuju sentra vaksinasi) & Home Delivery (penyelenggaraan vaksinasi di lokasi lansia berada).

"Saya berterima kasih kepada KillCovid dan RS Husada yang punya ide untuk menjemput. Biasanya mereka kalau lihat temannya pergi, mereka jadi lebih berani, yakin, pede untuk vaksinasi," ujar Budi di RS Husada, Jakarta Pusat, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Kemenkes Cairkan Rp 37,3 Miliar Untuk Insentif 5.664 Tenaga Kesehatan yang Tangani Covid-19

Kementerian Kesehatan mencatat 47,3 persen pasien Covid-19 di Indonesia yang meninggal dunia merupakan lansia di atas 60 tahun.

Sehingga pemerintah memprioritaskan pemberian vaksin Covid-19 pada 21 juta lansia di Indonesia, namun hingga awal April 2021 baru 11 persen dari target tersebut yang tercapai.

“Program Vaksinasi 10.000 Lansia untuk Negara ini, merupakan langkah awal yang kami lakukan di Jabodetabek, namun tidak hanya di sini kami juga mencanangkan target 10.000 lansia untuk kota-kota lainnya di Indonesia sampai semua target lansia yaitu 21 juta orang dapat terpenuhi. Kita harus bergotong royong membantu pemerintah agar dapat segera bergerak maju ke kelompok masyarakat usia produktif.” ungkap Adharta Ongkosaputra Ketua Umum KILLCOVID19. 

Kedatangan peserta vaksinasi lansia disambut langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI sekaligus Ketua Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Airlangga Hartarto dan Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di area lobi Rumah Sakit Husada.

Hadirnya Program Home Care & Home Delivery diharapkan dapat mengatasi dan lansia agar dapat segera divaksin

“Hari ini kami menjemput 66 lansia dari dua lokasi berbeda di Jabodetabek untuk diberikan vaksin Covid-19. Seperti yang kita ketahui, vaksinasi lansia sulit mencapai target diantaranya karena kendala akses menuju ke sentra vaksinasi, mereka bergantung kepada anggota keluarga lainnya untuk mendampingi, selain itu persoalan ekonomi juga membuat biaya transportasi menuju sentra vaksinasi menjadi kendala," ungkap Ketua Program Home Care & Home Delivery Hartono Atmadja.

Baca juga: Kemenkes: Distribusi Vaksin Covid-19 Kini Langsung ke Kabupaten

Baca juga: Menko PMK: Pemerintah Alihkan Pengawasan Penelitian Vaksin Sel Dendritik dari BPOM ke Kemenkes

Dalam acara yang bertepatan dengan hari Kartini ini, vaksinasi berlangsung menarik dengan kelengkapan panitia yang menggenakan kebaya.

Hadir sebagai tamu istimewa, Bapak Wirjawan Hardjamulia lansia berusia 104 tahun yang telah menerima vaksin Covid-19, untuk memberikan semangat dan dorongan kepada lansia lainnya agar tidak takut divaksin, hadir pula Puteri Indonesia Intelegensia 2020 Fernanda Ciandra sebagai Duta Vaksinasi yang akan membantu sosialisasi informasi seputar vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Peluncuran Program Home Care & Home Delivery  secara Hybrid  juga berlangsung di  sejumlah kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Bandung, Jogjakarta, Medan, Balikpapan dan NTT. 

Ikuti kami di
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas