Tribun

Mudik Lebaran 2021

Polda Metro Catat Ada 276 Pemudik yang Kembali ke Jakarta Positif Covid-19

Polisi terus memantau pendatang di Ibu Kota dengan menggencarkan pengetesan hingga ke tingkat komunitas atau RT/RW.

Penulis: Reza Deni
Editor: Hasanudin Aco
Polda Metro Catat Ada 276 Pemudik yang Kembali ke Jakarta Positif Covid-19
Tribunnews.com/ Adi Suhendi
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono saat meninjau pelaksanaan swab tes antigen Covid-19 di cek poin arus balik mudik lebaran 2021, Purbaleunyi, Jawa Barat, Sabtu (15/5/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Polda Metro Jaya mencatat sebanyak 276 pemudik yang masuk ke DKI Jakarta pada masa arus balik Lebaran tahun ini dinyatakan positif Covid-19.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan angka tersebut diketahui dari tes covid-19 yang dilakukan di 14 titik pemeriksaan pada Minggu (16/5/2021) hingga Kamis (20/5/2021) kemarin.

"Jumlah kendaraan yang sudah dilakukan pemeriksaan sekitar 11.994 kendaraan baik roda dua, roda empat, maupun kendaraan umum di 14 titik. Jumlah yang reaktif atau positif yang kita temukan ada 276 (pemudik)," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (21/5/2021).

Yusri merinci pemudik yang melakukan isolasi mandiri sebanyak 120 orang, kemudian yang di bawa ke Wisma Atlet ada 65, dan rujukan lainnya sebanyak 91 orang.

Baca juga: Satgas Ingatkan 7 Daerah Zona Merah Bebenah Mengantisipasi Dampak Covid-19 PascaMudik

Yusri mengatakan pihaknya bersama TNI, aparat pemerintah daerah, dan Kementerian Kesehatan akan terus melakukan tes Covid-19 selama arus balik Lebaran.

"Jumat, Sabtu, Minggu, ini adalah puncak arus balik, karena tanggal 24 nantinya masuk kantor, sehingga ada prediksi sampai minggu nanti ini akan cukup padat masuk kembali Jakarta melalui jalur darat, laut, udara, dan juga dari jalur Jawa dan Sumatera," kata Yusri.

Seusai instruksi Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran, dikatakan Yusri, pihaknya terus memantau pendatang di Ibu Kota dengan menggencarkan pengetesan hingga ke tingkat komunitas atau RT/RW.

"Perkembangan positivity rate yang di Jakarta ini sudah meningkat pasca mudik lebaran, sehingga perlu diantisipasi, perlu ada intervensi dari petugas, termasuk di dalamnya ada Kampung Tangguh untuk melakukan pemeriksaan," pungkasnya .

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas