Tribun

Longsor Bogor

BNPB: Longsor di Proyek Double Track Kereta Api Bogor Timpa Dua Rumah Warga

Dua rumah warga di Kampung Batakal RT 01 RW 07, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor tertimpa tanah longsor pada Kamis (3/6/2021)

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
BNPB: Longsor di Proyek Double Track Kereta Api Bogor Timpa Dua Rumah Warga
Willy Widianto
Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya sejak Sabtu (8/5/2021) sore hingga saat ini membuat beberapa wilayah mengalami banjir dan tanah longsor. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dua rumah warga di Kampung Batakal RT 01 RW 07, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor tertimpa tanah longsor pada Kamis (3/6/2021) malam pukul 20.40 WIB.

"Titik longsoran berada di proyek double track kereta api jurusan Bogor-Sukabumi," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati yang disiarkan laman BNPB, Jumat (4/6/2021).

Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor melaporkan area longsor sepanjang 10 meter dan tinggi 7 meter menimpa dua unit rumah warga yang berada dibawah area proyek double track kereta api.

Dua unit rumah warga tersebut, atas nama Maman, yang terdiri dari 1 Kepala Keluarga (KK) dengan 4 jiwa, material longsor menimpa area kamar tidur.

Kemudian, rumah atas nama Tantri, yang terdiri dari 1 KK dengan 7 jiwa dan Teti 1 KK dengan 4 jiwa, longsor mengenai area ruang keluarga.

"Selain mengenai rumah warga, material longsoran juga menutupi akses jalan warga sekitar," tutur Raditya.

Baca juga: 1.341 Warga Kabupaten Bogor Terdampak Bencana Banjir dan Tanah Longsor 

Dari kejadian ini, terdapat satu korban luka atas nama Bapak Jumadi (50) yang tertimpa rerutuhan material longsoran saat sedang membetulkan saluran air yang tersumbat sampah.

Akibatnya korban mengalami luka ringan dan telah dirujuk ke RS PMI Bogor guna penanganan lebih lanjut. 

Lebih lanjut, tanah longsor terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah tersebut. Diketahui, Kota Bogor diguyur hujan lebat sejak Kamis (3/6) pukul 19.00 WIB.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Bogor menghimbau para penghuni rumah agar mengosongkan sementara rumah yang terdampak tanah longsor.

Sementara petugas BPBD dibantu Babinsa, petugas Kelurahan Batutulis, Tagana Kota Bogor, RT RW setempat melakukan pendataan dan kaji cepat di lokasi kejadian. Sementara untuk pembersihan material longsor diperlukan alat berat.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas