Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

KG Media Bersama PMI Mengadakan Kegiatan Donor Plasma Konvalesen

Untuk kegiatan hari pertama dikhususkan untuk screening para pendonor yang sebelumnya sudah mendaftarkan formulir secara daring.

KG Media Bersama PMI Mengadakan Kegiatan Donor Plasma Konvalesen
Tribunnews.com/Danang Triatmojo
KG Media bersama Palang Merah Indonesia (PMI) dan Plasmahero.id melangsungkan kegiatan donor plasma konvalesen bertajuk 'Plasma Kebaikan' di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta Pusat, pada 27 - 28 Juli 2021. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KG Media bersama Palang Merah Indonesia (PMI) dan Plasmahero.id melangsungkan kegiatan donor plasma konvalesen bertajuk 'Plasma Kebaikan' di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta Pusat, pada 27 - 28 Juli 2021.

Untuk kegiatan hari pertama dikhususkan untuk screening para pendonor yang sebelumnya sudah mendaftarkan formulir secara daring.

Sedangkan hari kedua dikhususkan untuk pendonoran plasma konvalesen bagi mereka yang dinyatakan lolos screening di hari sebelumnya.

Berdasarkan catatan, hari ini Selasa (27/7/2021) untuk rentang pukul 08.00 - 13.00 WIB, sebanyak 29 orang peserta yang mendaftarkan diri hadir mengikuti screening pertama.

"Ada 29 orang yang mendaftarkan diri dan ikut screening hari ini," terang Activation KG Media, Ineke Mazaya di lokasi, Selasa.

Baca juga: 718 Ribu Anak Telah Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

Nantinya 29 orang tersebut akan diinformasikan apakah mereka lolos dan bisa mendonorkan plasma konvalesen keesokan harinya atau tidak.

Adapun terdapat sejumlah syarat menjadi pendonor plasma konvalesen, diantaranya:

1. Orang yang telah sembuh dari Covid-19 (minimal 14 hari) dan dibuktikan dengan hasil swab PCR negatif.
2. Tidak memiliki riwayat penyakit komorbid/kronis.
3. Belum pernah hamil.
4. Berat badan minimal 55 kilogram.

"Kalau sudah kita kumpulkan di google form, datang hari ini untuk screening, nanti akan interview, ditanya kapan covid, ada riwayat operasi atau nggak, sudah pernah hamil atau nggak. Kalau interview lolos, itu akan isi formulir lagi dari temen - temen PMI, setelah itu baru cek darah," terangnya.

Perlu diketahui, ada sejumlah tahapan yang ditempuh bagi penyintas Covid-19 dapat mendonorkan plasma konvalesennya.

Meliputi, pengisian formulir secara daring. Jika memenuhi syarat, pendonor akan dihubungi untuk pengambilan sampel darah. Pemeriksaan sampel darah memakan waktu 1 hari kerja.

Kemudian jika hasil sampel darah sesuai, maka donor plasma konvalesen bisa dilakukan. Jika tidak, maka pendonor dapat melakukan donor darah biasa.

"Cuma kalau interview nggak lolos, itu langsung ke donor darah biasa," terangnya.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas