Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Mulai Hari Ini Pelanggar Aturan Ganjil-Genap di Jakarta Akan Dapatkan Sanksi Tilang

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yugo mengungkapkan bahwa pelanggar aturan ganjil-genap di Jakarta akan diberikan sanksi tilang.

Mulai Hari Ini Pelanggar Aturan Ganjil-Genap di Jakarta Akan Dapatkan Sanksi Tilang
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas kepolisian melakukan pengaturan kendaraan roda empat saat pelaksanaan pengendalian mobilitas ganjil genap di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (12/8/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memberlakukan kebijakan ganjil genap di beberapa ruas jalan di wilayah DKI Jakarta terhitung selama 5 hari, terhitung 12-16 Agustus 2021. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yugo mengungkapkan bahwa pelanggar aturan ganjil-genap di Jakarta akan diberikan sanksi tilang.

Sanksi tilang tersebut berlaku mulai hari ini, Rabu (1/9/2021).

Sambodo menambahkan, polisi juga akan melakukan penjagaan di mulut-mulut kawasan.

"Tetap ganjil genapnya hanya tiga lokasi, yaitu Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin dan Jalan Rasuna Said. Hanya saja mulai minggu ini kami akan melakukan penindakan dengan tilang."

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat acara penyerahan secara simbolis sebanyak 2000 masker kepada Ditlantas Polda Metro Jaya di gedung Ditlantas Polda Metro jaya, Jakarta, Kamis (11/6/2020).  Jenius berkolaborasi dengan Masker Untuk Indonesia menggalang donasi masker guna menekan angka penyebaran COVID-19 di Indonesia. Selain bertujuan untuk membatasi penyebaran COVID-19, gerakan ini juga membantu keberlangsungan pelaku industri kreatif baik pegiat seni, ilustrator, dan UMKM. Masker yang tersedia berbahan dasar scuba. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat acara penyerahan secara simbolis sebanyak 2000 masker kepada Ditlantas Polda Metro Jaya di gedung Ditlantas Polda Metro jaya, Jakarta, Kamis (11/6/2020). Jenius berkolaborasi dengan Masker Untuk Indonesia menggalang donasi masker guna menekan angka penyebaran COVID-19 di Indonesia. Selain bertujuan untuk membatasi penyebaran COVID-19, gerakan ini juga membantu keberlangsungan pelaku industri kreatif baik pegiat seni, ilustrator, dan UMKM. Masker yang tersedia berbahan dasar scuba. TRIBUNNEWS/HERUDIN (HERUDIN/HERUDIN)

Baca juga: Protes Sepeda Dilarang Melintas di Wilayah Ganjil Genap, Sahroni: Itu Diskriminatif

"Jadi selain berjaga di mulut-mulut kawasan, kami juga akan mulai melakukan penindakan dengan tilang," kata Sambodo dalam tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Rabu (1/9/2021).

Diketahui terdapat tiga ruas jalan utama di Jakarta yang menerapkan aturan ganjil-genap.

Di antaranya ada Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Rasuna Said.

Sistem tilang pada ganjil-genap tidak berlaku bagi sepeda motor, angkutan umum, ambulans, dan kendaraan penting lainnya.

Baca juga: Ini Alasan Polisi Tak Izinkan Pesepeda Lintasi Jalur Ganjil-Genap 

Ada Dua Sistem Penindakan Tilang

Diwartakan Tribunnews.com sebelumnya, Kombes Sambodo Purnomo Yugo menuturkan bahwa sanksi penerapan tilang bagi pelanggar ganjil-genap ini diputuskan setelah pihaknya melakukan analisis dan diskusi bersama sejumlah pihak terkait.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas