Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Siaga Potensi Banjir di DKI, Gubernur Anies Cek Kesiapan Petugas dan Peralatan

Alat ukur curah hujan yang tersebar di 267 kelurahan bisa jadi satu kunci utama kesiapsiagaan menghadapi musim hujan di ibu kota.

Siaga Potensi Banjir di DKI, Gubernur Anies Cek Kesiapan Petugas dan Peralatan
Dok Pemprov DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) ibu kota menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan, di Lapangan Silang Monas Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (13/10/2021). Apel diikuti oleh 1.458 personel gabungan yang terdiri dari 610 unsur perangkat daerah, 120 orang unsur TNI, 160 orang unsur kepolisian, 90 orang dari lembaga usaha, 420 orang dari organisasi pegiat kebencanaan, dan 58 orang dari unsur media. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) ibu kota menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan, di Lapangan Silang Monas Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (13/10/2021).

Apel diikuti oleh 1.458 personel gabungan yang terdiri dari 610 unsur perangkat daerah, 120 orang unsur TNI, 160 orang unsur kepolisian, 90 orang dari lembaga usaha, 420 orang dari organisasi pegiat kebencanaan, dan 58 orang dari unsur media.

Di lokasi apel, ditampilkan juga berbagai peralatan penunjang menghadapi musim hujan antara lain 111 unit mobil, 45 motor, 108 perahu, 13 unit tenda dan 3 unit alat berat.

Baca juga: Komplotan Copet Diringkus, Kerap Beraksi di Flyover Pasar Rebo, Incar Emak-emak dan Penumpang Angkot

Baca juga: Fenomena Langka Tumbuhan Mirip Bunga Bangkai Mekar di Cipete, Tapos dan Pamulang

Dalam sambutannya, Anies menyebut bahwa pada tahun ini DKI sudah melengkapi diri dengan alat ukur curah hujan yang tersebar di 267 kelurahan.

Alat ini diharapkan bisa jadi gambaran para petugas lapangan membaca situasi kondisi hujan.

Menurutnya alat tersebut bisa jadi satu kunci utama kesiapsiagaan menghadapi musim hujan.

"Mulai tahun ini, kita punya alat ukur curah hujan di 267 kelurahan yang ada di Jakarta. Sehingga kita tahu persis pada saat ini kondisi hujan seperti apa," kata Anies.

Baca juga: Wagub DKI Respons Aksi Demo Ratusan Peternak Ayam Petelur dan Mahasiswa di Ibu Kota 

Lanjut Anies, Pemprov DKI juga selama ini sudah memulai merevitalisasi waduk dan pompa, hingga menjalankan program gerebek lumpur di 5 wilayah kota administrasi.

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengajak masyarakat turut mengantisipasi potensi curah hujan.

Masyarakat diminta selalu menjaga kebersihan lingkungannya, serta menggelar kegiatan kerja bakti bersama, dan secara bijak membuang sampah.

"Semoga ikhtiar kita berkolaborasi bersama dapat meminimalisir dampak musim hujan," pungkas Anies.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas