Tribun

TransJakarta Alami Kecelakaan, Polisi Sebut Kemungkinan Rem Blong

Polisi menyebut ada kemungkinan rem blong sebagai penyebab kecelakaan bus di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur.

Penulis: Fandi Permana
Editor: Johnson Simanjuntak
TransJakarta Alami Kecelakaan, Polisi Sebut Kemungkinan Rem Blong
Warta Kota/ Muhamad Fajar Riyandanu
Proses evakuasi jenazah sopir bus Transjakarta yang mengalami kecelakaan beruntun di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Senin pagi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menyelidiki kecelakaan dua Bus TransJakarta di Halte Cawang Ciliwung pada Senin (25/10/2021).

Polisi menyebut ada kemungkinan rem blong sebagai penyebab kecelakaan bus di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur.

Kecelakaan antarbus Transjakarta itu menewaskan sopir dan seorang penumpang meninggal.

"Akan kami selidiki apakah ini vehicle error, artinya kerusakan pada rem, misal rem tak berfungsi atau blong. Tentu dalam hal ini kami akan panggil ahli atau teknisi yang sesuai dengan jenis kendaraan ini," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di lokasi.

Untuk menyelidiki penyebab tabrakan itu, Sambodo juga akan mengecek CCTV bus yang berada di bagian depan dan belakang.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya unsur kelalaian atau human error dalam peristiwa ini yang menyebabkan korban jiwa dan luka-luka.

Dua bus TransJakarta mengalami tabrakan beruntun di depan Indomobil Jalan MT Haryono, Pancoran, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021) pagi.
Dua bus TransJakarta mengalami tabrakan beruntun di depan Indomobil Jalan MT Haryono, Pancoran, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021) pagi. (TribunJakarta.com/Bima Putra)

"Nanti kami lihat, kalau ada unsur kelalaian maka itu melanggar Pasal 310 KUHP tentang kelelaian atau 311 karena kesengajaan. Karena di sini jelas ada dua korban meninggal," ujar Sambodo.

Baca juga: Kecelakaan Bus TransJakarta di Jalan MT Haryono Diduga Akibat Sopir Mengantuk

Peristiwa tabrakan dua bus itu terjadi sekitar pukul 08.30. Tabrakan itu terjadi tepat di depan Wisma Indomobil Cawang dan mayoritas penumpang adalah karyawan dari kantor tersebut.

Saat itu satu bus Transjakarta dari arah Semanggi menuju Cawang menabrak satu bus Transjakarta lainnya yang sedang berhenti di depan halte Cawang Ciliwung.

Tabrakan dahsyat itu membuat bus gandeng di depannya terseret beberapa meter dari lokasi kecelakaan.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas