Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Viby Indrayana Terpilih Sebagai Ketua Umum Gataki Yakin Membuat Terobosan Baru

Ir Desiderius Viby Indrayana, MM.,MT.,IPM resmi terpilih menjadi Ketua Umum Perkumpulan Tenaga Ahli dan Terampil Konstruksi Indonesia (Gataki)

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Viby Indrayana Terpilih Sebagai Ketua Umum Gataki Yakin Membuat Terobosan Baru
Dok. pribadi
Desiderius Viby Indrayana Ketua Umum Perkumpulan Tenaga Ahli dan Terampil Konstruksi Indonesia Baru 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ir Desiderius Viby Indrayana, MM.,MT.,IPM resmi terpilih menjadi Ketua Umum Perkumpulan Tenaga Ahli dan Terampil Konstruksi Indonesia (Gataki) Periode 2021–2026.

Gataki adalah salah satu Asosiasi Profesi Konstruksi terkemuka di Indonesia yang telah terakreditasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Republik Indonesia.

Proses pemilihan Ketua Umum Gataki telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 Oktober 2021 melalui Acara Musyawarah Nasional III Gataki yang telah dilaksanakan dengan sangat demokratis dan mengedepankan rasa persatuan serta kesatuan organisasi.

Acara Musyawarah Nasional III Gataki dimulai pada hari Selasa 26 Oktober 2021 yang hadiri secara virtual oleh Ketua Umum Kadin Indonesia Periode 2021 – 2026, Arsjad Rasjid serta dibuka oleh Ketua LPJK PUPR, Ir Taufik Widjoyono, Msc.

Acara Musyawarah Nasional III Gataki ini memiliki berbagai arti penting mengingat seluruh peserta Munas bertkad kuat untuk bersama- sama mentransformasikan Gataki menjadi Asosiasi yang lebih Profesional, Modern dan Efisien.

Dalam penjelasannya Desiderius Viby Indrayana menyatakan bahwa setidaknya ada 10 hal yang telah dilaksanakan secara strategis oleh Gataki dalam dua tahun terakhir ini yang merupakan kerja cerdas dan kerja bersama antara pengurus DPP serta Pengurus DPW Gataki seluruh Indonesia, yaitu:

⦁ Sebagai Asosiasi Profesi Jasa Konstruksi yang diatur berdasarkan UU No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, maka DPP dan segenap DPW Gataki diseluruh Indonesia telah melaksanakan tugas bersama untuk dapat mengantarkanGatakisebagai Asosiasi Profesi yang Ter-Akreditasi oleh Kementerian PUPR RI.

BERITA TERKAIT

⦁ Sebagai Asosiasi Profesi Terakreditasi maka Gataki memiliki hak dan telah mengajukan calon untuk mengikuti Seleksi Pengurus LPJK PUPR Periode 2021 – 2024 hingga tahap fit & proper dihadapan Komisi V DPR RI, namun demikian calon yang diajukan Gataki masih belum mendapatkan kesempatan untuk dapat duduk sebagai pengurus LPJK masa bakti 2021 – 2024.

⦁ Gataki juga telah membentuk LSP Konstruksi dengan nama LSPGataki Konstruksi Mandiri dan telah memperoleh Lisensi dari BNSP hingga telah siap untuk melaksanakan tugas melayani sertifikasi kompetensi kerja konstruksi bagi seluruh masyarakat konstruksi di Indonesia.

⦁ DPP dan segenap DPWGataki diseluruh Indonesia telah melaksanakan tugas sebagai Asosiasi Profesi Jasa Konstruksi dalam meningkatkan kompetensi tenaga kerja konstruksi melalui kegiatan pelatihan, seminar, lokakarya, workshop dan kegiatan lainnya baik yang diselenggarakan baik secara tatap muka langsung maupun secara daring (31 Seminar & Webinar 2019 – 2021).

⦁ Sebagai bagian dari masyarakat jasa konstruksi DPP dan segenap DPW Gataki diseluruh Indonesia telah turut serta berkontribusi dalam pembahasan berbagai isu-isu perkembangan jasa konstruksi melalui kegiatan diskusi terfokus atau Focus Group Discussion (FGD) dengan mengundang beberapa pembicara dan narasumber atau pakar yang kompeten.

⦁ DPP dan segenap DPW Gataki diseluruh Indonesia telah senantiasa memperjuangakan aspirasi dari masyarakat jasa konstruksi dan menyuarakannya dalam berbagai forum baik dalam Audiensi dengan Institusi Pemerintah, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah maupun melalui media elektronik dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat jasa konstruksi Nasional.

⦁ Gataki juga telah senantiasa berpartisipasi dalam memberikan pendapat dan masukan pada beberapa perumusan kebijakan dan peraturan perundang-undangan untuk memastikan kepentingan masjakon dapat terakomodir dalam peraturan perundang-undangan yang dihasilkan khususnya terkait jasa konstruksi dan regulasi pada masa pandemi Covid-19.

⦁ Dan guna meningkatkan kapasitas dan kualitas dalam penyelenggaraan berbagai kegiatan, Gataki telah melakukan kerjasama dengan berbagai kalangan industri dan pemangku kepentingan jasa konstruksi seperti halnya Instansi Pemerintah, Kadin Indonesia Perguruan Tinggi, Industri Jasa Konstruksi dan Asosiasi Jasa Konstruksi lainnya.

⦁ Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan baik pelayanan kepada anggota Asosiasi maupun pelayanan dari LSP Gataki Konstruksi Mandiri, maka telah dikembangkan Aplikasi Sistem Informasi Digital guna mempermudah proses sertifikasi kompetensi kerja, pelatihan seminar dan kegiatan pengembangan keprofesian lainnya.

⦁ DPP Gataki telah memfasilitasi beberapa kegiatan research, simposium serta konferensi terkait konstruksi baik pada skala Nasional serta Internasional (9 Publikasi Internasional + 2 Buku Manajemen Pelaksanaan Konstruksi) yang beberapa hasilnya telah di publikasikan secara Nasional dan Internasional.

DPP Gataki diakhir tahun ini juga telah menginisiasi penulisan dan penerbitan sebuah Buku yang akan dipersembahkan bagi Sektor Jasa Konstruksi di Indonesia yaitu buku dengan judul “The Little Grey Book of Safety” (Lompatan – Lompatan Pemikiran Terkait Keselamatan Konstruksi di Indonesia) Dimana Buku ini mendapat sambutan yang luar biasa dari berbagai kalangan masyarakat jasa konstruksi Indonesia, serta mendapat kesempatan diterima langsung oleh Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti, Menteri PUPR RI, Basuki Hadimulyono, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid, Serta Hampir semua BUMN Konstruksi di Indonesia serta Akademisi Bidang Manajemen Pelaksanaan Konstruksi di Indonesia.

Diakhir penjelasannya Viby Indrayana, MM.,MT.,IPM menegaskan bahwa apa yang telah dicapai oleh Gataki saat ini masih perlu upaya yang lebih lagi agar Gataki semakin Jaya dalam menjadi Asosiasi Profesi Jasa Konstruksi yang terdepan, modern dan profesional serta efisien dalam mencetak Sumber Daya Manusia Konstruksi yang kompeten dan unggul sebagai bagian dari upaya mewujudkan salah satu Visi dari Presiden Republik Indonesia, yaitu terwujudnya SDM Unggul, Indonesia Maju menuju Indonesia Emas 2045.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas