Tribun

Virus Corona

Saiful SH: Ada Beberapa Poin Yang Harus Dilakukan Supaya Pandemi Menjadi Endemi.

Pengamat Kebijakan Publik, Saiful SH menyatakan tidak mungkin menghilangkan virus Covid-19 dengan secepat kilat.

Editor: Toni Bramantoro
Saiful SH: Ada Beberapa Poin Yang Harus Dilakukan Supaya Pandemi Menjadi Endemi.
Dok. pribadi
Pengamat Kebijakan Publik, Saiful SH 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hampir kurang lebih dua tahun lamanya Covid-19 dan sampai sekarang masih dikategorikan sebagai pandemi karena beberapa negara masih terdampak oleh pandemi Covid-19 tersebut.

Pengamat Kebijakan Publik, Saiful SH menyatakan tidak mungkin menghilangkan virus Covid-19 dengan secepat kilat.

"Yang artinya virus ini akan tetap ada, namun kita semua harus bisa berdampingan dengan adanya virus tersebut. Dengan kata lain virus tersebut tetap ada akan tetapi tingkat penularannya sedikit sekali sehingga menjadi endemi," kata Bedjo dalam live talkshow dengan tema 'Vaksinasi, Prokes, Syarat Ubah Pandemi Menjadi Endemi," Selasa (26/10/2021).

Oleh karena itu, tambah Saiful, karena pandemi adalah wabah penyakit yang menyerang luas ke beberapa negara dengan gejala dan jumlah kasus serta kematian yang tinggi dan meningkat.

Maka transisi dari pandemi menjadi endemi itu penting, karena semua sendi kehidupan dan aktifitas tetap harus berjalan.

Menurut pria yang akrab disapa Bedjo ini, ada beberapa poin yang harus dilakukan supaya pandemi menjadi endemi.

"Pertama adalah masyarakat harus secara ketat dalam menerapan prokes, kedua vaksinasi berkelanjutan, ketiga memberikan Informasi kepada masyarakat untuk sadar diri terhadap bahayanya Covid-19. Dan pentingnya mematuhi himbauan dari pemerintah tentang program dan peraturan dalam rangka pengendalian pandemi covid-19," urainya.

Kemudian yang keempat, lanjutnya, adalah menekan terjadinya peningkatan kasus Covid-19 di gelombang ke 3 serta perbaikan sistem digital, terdiri dari IT, OT, dan internet of things.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas