Tribun

Penanganan Covid

Kebut Vaksinasi di Bogor, TNI AL Targetkan 140 Ribu Warga Dalam 14 Hari

TNI AL melakukan serbuan vaksinasi Covid-19 bagi warga Bogor yang menargetkan 140 ribu warga tervaksin dalam waktu 14 hari. 

Penulis: Gita Irawan
Editor: Theresia Felisiani
Kebut Vaksinasi di Bogor, TNI AL Targetkan 140 Ribu Warga Dalam 14 Hari
Dinas Penerangan Angkatan Laut
Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono meninjau pelaksanaan vaksinasi di wilayah Cijeruk, Bogor, Jawa Barat pada Rabu (27/10/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - TNI Angkatan Laut (TNI AL) melakukan serbuan vaksinasi Covid-19 bagi warga Bogor yang menargetkan 140 ribu warga tervaksin dalam waktu 14 hari. 

Kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan secara serentak di 35 Kecamatan wilayah Bogor dan telah dilaksanakan sejak 22 Oktober 2021 lalu dengan melibatkan 220 personel Kesehatan Angkatan Laut.

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono meninjau pelaksanaan vaksinasi di wilayah Cijeruk, Bogor, Jawa Barat pada Rabu (27/10/2021).

Pada kesempatan ini Heri sempat melakukan berdialog interaktif di 10 titik vaksinasi wilayah Bogor yakni Ciomas, Gunung Sindur, Ciampea, Rumpin, Parung Panjang, Ciawi, Megamendung, Caringin, Ciseeng dan Cisarua.

Baca juga: KSAL Resmikan KRI Teluk Weda-526 dan KRI Teluk Wondama-527, Termasuk Kukuhkan Komandannya

Selama peninjauan tersebut koordinator lapangan satgas vaksinasi TNI AL Letkol Laut (K) dr Rudi P Napitupulu dari Rumah Sakit Marinir Cilandak (RSMC) menjelaskan kepada Heri mengenai perkembangan pelaksanaan Serbuan Vaksinasi tersebut.

Heri mengatakan bahwa program vaksinasi tersebut akan dilaksanakan selama 14 hari dan saat ini sudah berjalan 6 hari dengan jumlah keseluruhan yang sudah divaksin mencapai 64.861 dosis dengan target 10 ribu dosis perhari.

"Program kami di sini selama 14 hari dan hari ini adalah hari ke 6. Rata rata di kabupaten Bogor ini kita bisa mencapai tiap harinya sekitar 10.000 orang, masih ada 8 hari lagi dan saya yakin akan sangat berpengaruh dengan pencapaian persentase vaksinasi di Kabupaten Bogor," kata Heri dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL pada Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Saksikan Latihan Operasi Amfibi TNI AL, Anggota Komisi I DPR Dorong Pemerintah Modernisasi Alutsista

Pelaksanaan vaksinasi maritim tersebut selaras dengan instruksi KSAL Laksamana TNI Yudo Margono agar keberadaan prajurit TNI AL di manapun berada dapat memberikan kontribusi bagi lingkungan dan masyarakat sekelilingnya serta menjadi contoh dan teladan dalam upaya mendukung percepatan penanganan wabah Covid-19.

Serbuan vaksinasi maritim Covid-19 itu, disebut merupakan satu implementasi pengabdian TNI agar dapat secara langsung menyentuh masyarakat dan memberikan dampak positif bagi kesehatan rakyat Indonesia terutama di wilayah aglomerasi Bogor dan Tangerang. 

Dalam serbuan vaksinasi tersebut, TNI AL juga menyiapkan ratusan ribu dosis vaksin yang terdiri dari lima varian vaksin berbeda yaitu Sinovac, Astrazeneca, Sinofram, Moderna dan Pfizer. 

Baca juga: Jokowi: Komcad dan Modernisasi Alutsista Kokohkan Sistem Pertahanan dan Keamanan Semesta Indonesia

Sebanyak 220 personel tenaga kesehatan (nakes) Gabungan TNI AL yang dilibatkan dalam vaksinasi serentak tersebut tersebar di 40 kecamatan wilayah Bogor.

Mereka terdiri dari 10 personel Diskes Koarmada I, 30 personel Diskes Korps Marinir, 10 personel Diskes Kolinlamil, 10 personel Diskes Lantamal III, 30 personel Rumkital dr Mintohardjo, 30 personel Rumkital Marinir Cilandak, 10 personel Ladokgi RE Martadinata, 20 personel Satkes Denma Mabesal, 10 personel Satkes Seskoal, 10 personel Diskes Pushidrosal, dan 50 personel STIKES Hang Tuah. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Aspotmar KSAL Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Waasintel KSAL Laksma TNI Akmal, Waasops KSAL Laksma TNI Wasis Priyono, Waaslog KSAL Laksma TNI Rachmat Hartoyo, Kadiskesal Laksma TNI dr Agus Guntoro, Sekdispenal Kolonel Laut (P) Antonius Widyoutomo, dan Forkompimda wilayah Bogor.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas