Tribun

Virus Corona

Dinas Kesehatan Kota Bekasi Pastikan Warga yang Positif Covid-19 Bukan Varian Omicron

Dinas Kesehatan Kota Bekasi memastikan warga Kota Bekasi terkonfirmasi positif Covid-19 bukan Varian Omicron.

Editor: Erik S
Dinas Kesehatan Kota Bekasi Pastikan Warga yang Positif Covid-19 Bukan Varian Omicron
Justin TALLIS / AFP
Gambar ilustrasi yang diambil di London pada 2 Desember 2021 menunjukkan empat jarum suntik dan layar bertuliskan 'Omicron', nama varian baru covid 19, dan ilustrasi virus. 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI SELATAN - Dinas Kesehatan Kota Bekasi memastikan warga Kota Bekasi terkonfirmasi positif Covid-19 bukan Varian Omicron.

Warga Kota Bekasi terkonfirmasi positif Covid-19 usai melakukan perjalanan ke negara Turki.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi membenarkan, salah satu warga terkofirmasi positif merupakan seorang wanita usia 71 tahun.

Baca juga: Varian Omicron Diduga Sudah Masuk dan Menyebar di Indonesia

"Dari (perjalanan luar negeri) Turki, umur 71 tahun, nanti tanya kadinkes, sekarang sedang isolasi, kita PCR," kata Rahmat di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Senin (6/12/2021).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bekasi Tanti Rohilawati mengatakan, warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 melakukan perjalanan ke luar negeri bersama rombongan.

Namun, dari hasil tracing yang dilakukan pihaknya, hanya satu orang yang terkonfirmasi Covid-19 dan bukan kategori varian baru.

Baca juga: Lindungi Keluarga Lindungi Indonesia, Waspada Omicron Dapat Menjadi Varian Dominan

"Sudah kita tracking, hasilnya yang melakukan kontak dengan yang bersangkutan negatif, saat ini yang positif melakukan isolasi mandiri di rumahnya," kata Tanti.

Jumlah kontak erat yang dilakukan tracking mencapai 15 orang, Satgas Covid-19 wilayah tempat tinggal yang bersangkutan terus melakukan pemantauan.

Baca juga: Soal Varian Omicron, Ahli Epidemiologi Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada

"Disposisi kepada wilayah agar tetap di pantau, dan dilakukan pemeriksaan secara periodik karena mungkin saja pada saat itu belum terdeteksi (untuk kontak eratnya)," jelas dia.

Menurut Tanti, warga yang baru pulang dari Turki memiliki gejala Covid-19. Dia dipastikan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sambil dipantau puskesmas setempat.

"Sekarang itu pada umumnya tetap si ada gejala bagaimanapun juga ada, cuma kami akan pantau terus," tegas dia. (Penulis: Yusuf Bachtiar)

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Warga Bekasi Pulang dari Turki Positif Covid-19, Dinkes Pastikan Bukan Varian Omicron

Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas