Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Waspada, Cuaca Ekstrem Masih Akan Terjadi di Jakarta Hari Ini Hingga Esok

BPBD DKI mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode 2 hari ke depan yang berpotensi memicu banjir

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Waspada, Cuaca Ekstrem Masih Akan Terjadi di Jakarta Hari Ini Hingga Esok
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah kendaraan melintasi genangan banjir di Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Selasa (18/1/2021). Banjir tersebut terjadi karena buruknya drainase di kawasan itu serta tingginya instensitas hujan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menginformasikan adanya potensi cuaca ekstrem di wilayah Jabodetabek selama tiga hari yang akan terjadi sejak kemarin, hari ini hingga Jumat esok, 21 Januari 2022.

"BMKG memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia yang saat ini mengindikasikan adanya potensi peningkatan curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk wilayah Jabodetabek," tulis caption akun Instagram resminya @bpbddkijakarta, Rabu (19/1/2022).

BPBD DKI menginformasikan sebagian besar wilayah Jabodetabek termasuk wilayah yang diprediksikan mengalami puncak musim hujan pada periode Januari ini.

BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan INTENSITAS SEDANG-LEBAT yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dapat terjadi di wilayah Jabodetabek dengan detil wilayah sebagai mana infografis dimaksud.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Kamis, 20 Januari 2022: Denpasar dan Kupang Berpotensi Alami Hujan Lebat

BPBD DKI juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode 3 hari ke depan yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jabodetabek Besok Kamis 20 Januari 2022: Hujan Ringan di Jaksel dan Jaktim

Untuk meningkatkan kesiapsiagaan, anda dapat membaca buku saku "Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir bagi Masyarakat" melalui tautan http://tiny.cc/bukusakusiagabanjir

Perbarui informasi mengenai Tinggi Muka Air (TMA) melalui tautan http://bpbd.jakarta.go.id/waterlevel. Dan segera laporkan lokasi/titik yang berpotensi atau mengalami genangan/banjir melalui fitur JakLapor pada aplikasi JAKI.

Baca juga: Wagub DKI Riza Patria Sebut Ada 19 Titik Genangan Banjir Hari Ini, Paling Banyak di Jakarta Barat

BERITA TERKAIT

Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt. Jika mengalami atau menemukan keadaan darurat, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112 atau menggunakan tombol darurat pada aplikasi Jakarta Aman.

"Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 6M, karena pandemi belum berakhir," tutup caption tersebut.

Laporan Reporter: Yolanda Putri Dewanti | Sumber: Warta Kota

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas