Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

FKUB: Pemkab Berperan Jaga Kerukunan Umat Beragama di Tangerang

FKUB melakukan sosialisasi melalui medsos dan menyasar generasi muda untuk menanamkan nilai-nilai toleransi dalam keberagaman baik adat, agama, budaya

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
zoom-in FKUB: Pemkab Berperan Jaga Kerukunan Umat Beragama di Tangerang
Warta Kota/YULIANTO
Inilah foto-foto kegiatan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat berkunjung ke kawasan Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Jumat (21/01/2022). Warta Kota/Yulianto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tangerang KH Maski mengatakan kerukunan di wilayahnya masih terus terjaga.

Maski menilai Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar responsif dalam merawat kerukunan umat beragama di Kabupaten Tangerang.

"Pak Zaki itu sosok pemimpin yang cepat tanggap, sehingga selalu cepat merespon jika ada persoalan untuk segera diselesaikan," ujar Maski melalui keterangan tertulis, Jumat (28/1/2022).

Menurutnya, selama ini Pemkab Tangerang telah memberikan dukungan berbagai program kerja dan kegiatan FKUB.

Tujuannya agar jalinan silaturahmi antar pemeluk agama tersebut terus terjaga.

"Salah satu kegiatan yang sering kami lakukan adalah menjalin silaturahmi. Dengan saling mengenal, tentunya akan tercipta rasa saling menyayangi, seperti ada ungkapan tak kenal maka tak sayang," ujar Maski

BERITA TERKAIT

Di dalam FKUB terdiri dari berbagai unsur agama, yaitu Islam, Nasrani, Katolik, Budha, Hindu dan Khonghucu.

Sehingga FKUB harus bisa menjadi garda terdepan dalam menjaga kerukunan umat beragama.

"Jadi, nilai-nilai toleransi menjadi aspek penting dalam program kerja dan kegiatan FKUB," ujarnya.

Tahun 2022, FKUB melakukan sosialisasi melalui media sosial dan menyasar generasi muda untuk menanamkan nilai-nilai toleransi dalam keberagaman baik adat, agama maupun budaya.

Baca juga: Kemenko PMK: FKUB Harus Berperan Mengelola Keberagaman dan Kerukunan Bangsa

"Kami terus menggaungkan program komunikasi, informasi dan edukasi terkait toleransi dan kerja sama antar umat beragama khususnya melalui media sosial," kata Maski.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan Pemerintah daerah harus peka dan sensitif terhadap perkembangan wilayah.

"Termasuk dengan berbagai kegiatan keagamaan. Kami juga harus responsif dan terbuka untuk mendengar dan menyerap aspirasi dan berbagai kebutuhan dari masyarakat,” ujar Zaki.

Dukungan Pemkab Tangerang untuk kemaslahatan umat beragama salah satunya berupa dana hibah untuk kegiatan operasional FKUB.

Sehingga mampu menjadi jembatan strategis bagi umat untuk menggerakkan toleransi dan moderasi beragama.

"Nilai-nilai toleransi ini menjadi aspek penting bagi pemda. Dengan bersinergi dengan MUI dan FKUB beserta organisasi kemasyarakatan dan ulama, kami berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera," kata Zaki.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas