Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sudah Jadi Target, Penghasilan Keluarga Pengemis yang Diamankan Dekat TMII Capai Rp 984 Ribu 

Uang Rp 984 ribu itu diamankan dari tas dua pengemis perempuan yang dijangkau petugas tim P3S pada Senin (28/2/2022).

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Sudah Jadi Target, Penghasilan Keluarga Pengemis yang Diamankan Dekat TMII Capai Rp 984 Ribu 
express.co.uk
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Dua pengemis perempuan yang membawa tiga anak di kolong flyover Pintu Tiga TMII, Cipayung diamankan petugas.

Mengejutkan ketika diamankan, petugas Sudin Sosial Jakarta Timur mendapati uang Rp 984 ribu dari pengemis tersebut.

Kepala Sudin Sosial Jakarta Timur, Purwono, mengatakan uang itu diamankan dari tas dua pengemis perempuan yang dijangkau petugas tim P3S pada Senin (28/2/2022).




"Jangkauan atau penjemputan PMKS yang terdiri dari dua ibu rumah tangga berikut anak, dan keponakan," kata Purwoto saat dikonfirmasi di Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (1/3/2022).

Baca juga: Pesepeda Dijambret di Dekat GOR Kota Bekasi, Korban Terjatuh hingga Alami Luka di Pipi 

Baca juga: Terungkap Sumber Bau Kecut di Jatiasih, Ternyata Ada Rumah yang Disulap Jadi Pabrik Ciu

Diduga uang yang terdiri dari pecahan Rp 50 ribu, Rp 20 ribu hingga uang koin tersebut hasil mengemis dengan mengeksploitasi tiga anak dibawa agar warga iba memberi uang dalam sehari.

Pasalnya dari hasil asesmen tim Sudin Sosial Jakarta Timur terhadap kedua perempuan, anak yang dua di antaranya masih balita dan satu berusia 6,5 tahun sengaja dibawa mengemis.

"Dari hasil asesmen di lapangan bahwa anak ini diajak ibunya. Kemungkinan itu modus supaya orang melihat iba. Sehingga yang diharapkan menurut ibunya dapat memberikan uang," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Purwono menuturkan dua perempuan yang membawa tiga anak saat mengemis ini merupakan target penjangkauan tim P3S Sudin Sosial Jakarta Timur sejak beberapa minggu lalu.

Tim P3S Sudin Sosial Jakarta Timur baru berhasil menjangkau kedua perempuan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) karena mereka selalu kabur saat petugas tiba di lokasi.

"Selama ini saat mau dilakukan penjemputan mereka melihat kendaraan operasional Sudin itu lari. Sehingga Alhamdulillah saat ini sudah dilakukan penjemputan," tuturnya.

Baca juga: Pengamen Cilik Bermodal Pianika hingga Berkostum RoboCop Diamankan Satpol PP Kota Depok 

Baca juga: Warga Jatiasih Gerebek Satu Rumah Karena Jadi Sumber Bau Kecut, Acong Berdalih Usaha Cat

Baca juga: Polisi Selidiki Warung Jamu di Depok Sengaja Dibakar Remaja yang Ditolak Ngutang

Purwono mengatakan kedua perempuan dan tiga anak kini sudah diserahkan ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya II Ceger, Cipayung untuk proses pembinaan agar tidak berbuat serupa.

Tim P3S Sudin Sosial Jakarta Timur juga akan terus melakukan penjangkauan para PMKS, khususnya pengemis yang sesuai Perda DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

"Untuk uangnya (Rp 984 ribu) itu disimpan dari pihak panti, nanti saat mereka sudah keluar atau dijemput keluarganya diserahkan kembali uangnya," lanjut Purwono.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Penghasilan Pengemis di Jakarta Timur Ini hampir Rp 1 Juta Sehari, Terungkap Saat Diamankan

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas