Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BOR di RS Rujukan Pasien Covid-19 Jakarta Menurun Menjadi 33 Persen

Keterisian tempat tidur perawatan atau bed occupancy rate (BOR) di RS rujukan menurun menjadi hanya 33 persen.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Dewi Agustina
zoom-in BOR di RS Rujukan Pasien Covid-19 Jakarta Menurun Menjadi 33 Persen
/JEPRIMA
Seorang anak yang terkonfirmasi positif covid-19 saat bermain dengan mobil-mobilannya ketika menjalankan isolasi di Wisma Atlet Jakarta, Sabtu (3/7/2021). TRIBUNNEWS/JEPRIMA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menuturkan telah terjadi penurunan keterisian tempat tidur kasus Covid-19 di rumah sakit rujukan di ibu kota.

Berdasarkan data yang disampaikan Riza, keterisian tempat tidur perawatan atau bed occupancy rate (BOR) di RS rujukan menurun menjadi hanya 33 persen, terpakai 2.215 tempat tidur dari ketersediaan 6.705 unit.

Hal serupa juga terjadi di tempat tidur ICU, saat ini ada di angka 42 persen, di mana terisi 431 dari 960 tempat tidur yang tersedia.

"Memang terkait covid ada peningkatan sedikit dari sebelumnya, tapi tempat tidur ini alhamdulillah ya dari 6.705 terpakai 2.215, turun menjadi 33 persen. Begitu juga ICU dari 960 terpakai 431, jadi tinggal 42 persen," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (4/3/2022).

Baca juga: Jumlah Pasien Covid-19 yang Dirawat di Graha Wisata TMII Tinggal 3 Orang

Lebih lanjut Riza mengungkap bahwa kasus Covid-19 varian Omicron di ibu kota total mencapai 4.830 orang, dengan rincian kasus impor atau yang tertular dari perjalanan luar negeri sebesar 1.775 orang, dan kasus transmisi lokal atau yang menular di ibu kota 3.055 kasus.

"Begitu juga omicron ya, di DKI sudah mencapai 4.830 orang, dengan kasus impornya 1.775, kasus transmisi lokal 3.055 atau sama dengan 63 persen," terang Riza.

BERITA TERKAIT

Politikus Partai Gerindra ini menegaskan bahwa Pemprov DKI akan terus memastikan peningkatan fasilitas kesehatan untuk menunjang perawatan pasien kasus Covid-19.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan atau aktivitas sehari-hari.

"Prinsipnya kami akan terus memastikan peningkatan sarana prasarana, BOR, ICU, lab, penunjang lainnya, nakes, masker, APD obat-obatan, oksigen, semua akan kami tingkatkan. Tapi yang terpenting dari semua sesungguhnya disiplin kepatuhan seluruh warga Jakarta," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas