Tribun

Mudik Lebaran 2022

Pengusaha Jasa Rental Mobil Kebanjiran Order untuk Mudik Lebaran, Ini Kisaran Tarif Sewa Per Hari

pengusaha rental mobil mulai kebanjiran penyewa yang hendak menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Pengusaha Jasa Rental Mobil Kebanjiran Order untuk Mudik Lebaran, Ini Kisaran Tarif Sewa Per Hari
TribunJakarta.com/Bima Putra
Penyewa mobil, Raka saat proses serah terima kunci mobil yang disewa di Rainbow Rent Car di Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur Selasa (19/4/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Para pengusaha rental mobil mulai kebanjiran penyewa yang hendak menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022.

Ricky Aridiyawan, pemilik Rainbow Rent Car di Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur mengatakan jumlah penyewa melonjak hingga 200 persen dari tahun 2021.

"Animo masyarakat meningkat. Peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya bisa 200 persen," kata Ricky di Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (19/4/2022).

Minat warga menyewa mobil untuk mudik meningkat karena pemerintah menyatakan dapat melakukan mudik dengan syarat mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Lonjakan penyewa mobil ini pun jadi angin segar bagi para pengusaha rental mobil yang selama tahun 2020 dan 2021 usahanya terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Kalau kebanjiran order jelas. Pengunjung medsos dan web kita setiap minggunya 10 ribu. Per hari bisa masuk 20-30 booking, reservasi. Sudah ada 100-an yang sudah dibooking," ujarnya.

Ricky menuturkan hingga kini sudah sekitar 100 unit mobil di tempat usaha miliknya disewa warga untuk melakukan mudik, dengan tujuan mayoritas ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Mayoritas kendaraan disewa untuk mudik merupakan kategori mobil keluarga seperti Innova, Avanza, Ertiga yang kapasitas penumpang dan daya tampung barang bawaannya banyak.

Baca juga: Minimalisir Lonjakan Kasus, Satgas Covid-19 Imbau Masyarakat Tetap Waspada Selama Mudik

"Kita ada paket (sewa) lima hari dan ada 10 hari. Untuk sekelas Avanza, Ertiga, Mobolio kita di angka Rp 650 ribu per hari. Kalau untuk kelas Innova kita kenakan Rp 850 ribu per hari," tuturnya.

Ricky mengatakan harga sewa tersebut sudah meningkat 20 persen dari harga normal, namun animo warga menyewa mobil untuk pulang ke kampung halaman tetap tinggi.

Menurutnya mudik dengan menyewa kendaraan tetap banyak diminati karena faktor kenyamanan dan lebih fleksibel dalam mengatur perjalanan ketika tiba di kampung halaman.

"Misal ketika tiba di kampung mereka bisa ke tempat wisata, silaturahmi ke anggota keluarga itu mereka dengan mudah kalau ada mobil. Beda dengan menggunakan transportasi umum lain," lanjut Ricky.

Warga yang hendak menyewa mobil dipersyratkan membawa SIM A, ID NPWP, dan harus lolos verifikasi yang dilakukan pihak Rainbow Rent Car untuk mencegah mobil disalahgunakan.

Baca juga: PROMO Diskon 60 Persen Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran 2022, Ini Jadwal Keberangkatan & Rutenya

Ricky menuturkan pihaknya juga menyediakan sopir bagi warga yang ingin melakukan perjalanan mudik tanpa harus lelah berkendara dengan biaya tambahan Rp 300 ribu per hari.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas