Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pojok Baca Australia Hadirkan Penulis dan Ilustrator Cerita Anak Ternama dari Suku Dharug

edutaan Besar Australia Jakarta meresmikan Australian Reading Corner (Pojok Baca Australia) di Perpustakaan Jakarta Cikini.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Pojok Baca Australia Hadirkan Penulis dan Ilustrator Cerita Anak Ternama dari Suku Dharug
Tribunnews.com/Larasati Dyah
Kedutaan Besar Australia Jakarta meresmikan Australian Reading Corner (Pojok Baca Australia) di Perpustakaan Jakarta Cikini, tepatnya di Taman Ismail Marzuki pada Selasa (16/8/2022). Peluncuran ditandai dengan kegiatan mendongeng oleh penulis dan ilustrator cerita anak Australia ternama, Jasmine Seymour yang juga merupakan seorang perempuan Dharug. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kedutaan Besar Australia Jakarta meresmikan Australian Reading Corner (Pojok Baca Australia) di Perpustakaan Jakarta Cikini, tepatnya di Taman Ismail Marzuki pada Selasa (16/8/2022).

Peluncuran ditandai dengan kegiatan mendongeng oleh penulis dan ilustrator cerita anak Australia ternama, Jasmine Seymour yang juga merupakan seorang perempuan Dharug.

Suku Dharug merupakan orang Aborigin Australia, yang sekarang tersebar di sebagian besar wilayah Sydney modern.

Jasmine memiliki gelar master dalam pendidikan Bahasa Penduduk Asli dan merupakan guru bahasa Dharug dan aktivis bahasa.

"Bahasa Dharug adalah Bahasa di wilayah Sydney. Ini adalah Bahasa orang Aborigin dari Sydney," kata Jasmine saat melakukan wawancara dengan Tribunnews, Selasa.

Baca juga: Natasha Rizky, Pilih Jadi Penulis Ketimbanng Artis. Buku “Catatan Kronik” Diserbu Penggemar.

Jasmine adalah seorang penulis/ilustrator buku Baby Business, yang menceritakan upacara pengasapan bayi Dharug yang menyambut bayi ke tanah air.

BERITA TERKAIT

Kata-kata bahasa Dharug terintegrasi di seluruh, dengan glosarium di belakang.

Inti dari buku yang ini adalah pesan hubungan Negara dan kebutuhan untuk merawatnya.

"Buku ini mengajarkan tentang anak bagaimana anak seharusnya bersikap dan bertanggung jawab dimana saja berada," kata Jasmine.

Lewat buku ini, Jasmine menjadi pemenang Penghargaan Dewan Buku Anak Australia 2020 (CBCA), sebagai Ilustrator Baru Terbaik tahun 2020.

Selain itu, Jasmine juga pemenang penulis buku anak Penghargaan Prime Minister’s Literary Award 2020, Cooee Mittigar, yang diilustrasikan oleh Leanne Mulgo Watson.

"Saya selalu senang dengan buku anak. Di dongeng suku Aborigin ada banyak yang bisa diceritakan. Buat saya ini penting bagi anak untuk melindungi keluarga dan orang Aborigin," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas