Tribun

BNPB: 1.252 Rumah di Tangerang Selatan Terkepung Banjir

1.252 rumah di Tangerang Selatan, Banten dikepung banjir imbas hujan yang terjadi pada Selasa (4/10/2022).

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Adi Suhendi
zoom-in BNPB: 1.252 Rumah di Tangerang Selatan Terkepung Banjir
Tribunnews/JEPRIMA
Ilustrasi banjir. 1.252 rumah di Tangerang Selatan, Banten dikepung banjir imbas hujan yang terjadi pada Selasa (4/10/2022). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi cukup lama di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten dan sekitarnya pada Selasa (2/10/2022) menyebabkan banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) antara 10 sampai 80 cm.

Data yang dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebanyak 1.252 rumah di enam kelurahan terkepung banjir.

"Kendati tidak ada korban jiwa, namun genangan air di beberapa titik lokasi itu sempat membuat kemacetan lalu lintas yang berdampak pada mobilitas umum lainnya," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari melalui keterangan tertulis, Rabu (5/10/2022).

Adapun wilayah yang terdampak banjir, meliputi Kelurahan Cipayung, Kelurahan Jombang, Kelurahan Pisangan di Kecamatan Ciputat.

Baca juga: Ini 31 RT dan 6 Ruas Jalan di Jakarta yang Terendam Banjir Hari Ini

Berikutnya Kelurahan Rempoa di Kecamatan Ciputat Timur, Kelurahan Kedaung di Kecamatan Pamulang, dan Kelurahan Pondok Kacang Timur di Kecamatan Pondok Aren.

"Saat ini hujan mulai reda dan banjir dilaporkan berangsur surut," kata Abdul.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan telah melakukan monitoring di sejumlah titik genangan air menggunakan perahu karet.

Baca juga: Penampakan Tol BSD-Serpong Lumpuh Akibat Banjir 1 Meter, Begini Langkah Polisi Urai Kemacetan

Selain monitoring, tim juga melakukan pendataan lebih lanjut dan antisipasi untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca yang menyebut bahwa hujan lebat masih berpotensi terjadi di wilayah Jabodetabek hingga Jumat (7/10/2022) mendatang.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas