Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pantau Pergerakan Pemudik, Polisi Rutin Gelar Patroli di Rest Area KM 57

Personel Polda Jawa Barat dan Polres Karawang bersama Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri bersiaga di KM 57 Tol Jakarta-Cikampek.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Pantau Pergerakan Pemudik, Polisi Rutin Gelar Patroli di Rest Area KM 57
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Pos pengamanan (Pospam) Polres Karawang di KM 57 Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (17/4/2023) malam. Sejumlah personel kepolisian dari Polda Jawa Barat (Jabar) dan Polres Karawang bersama Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri bersiaga di KM 57 Tol Jakarta-Cikampek. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah personel kepolisian dari Polda Jawa Barat (Jabar) dan Polres Karawang bersama Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri bersiaga di KM 57 Tol Jakarta-Cikampek.

Kasatlantas Polres Karawang AKP La Ode Habibi Ade Jama mengatakan sejumlah personel itu disiagakan untuk pengamanan Lebaran 2023.

Baca juga: Gerbang Tol Cikampek Utama Masih Lengang di H-5 Lebaran

"Kalau untuk keamanan di rest area tentunya kami dapat bantuan dari Polda Jawa barat dan Baharkam Polri terkait tambahan personel," kata Habibi saat ditemui di Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek, Senin (17/4/2023) malam.

Dia menjelaskan sejumlah personel tersebut rutin melakukan patroli di dalam maupun sekitar rest area.

"Tujuannya adalah melakukan patroli di sekitar dalam rest area kemudian memantau pergerakan dari para pemudik," ucap Habibi.

Selain itu, Habibi meminta masyarakat segera melapor ke pos pengamanan (Pospam) di Rest Area KM 57 bila ada keluhan.

BERITA TERKAIT

Pihaknya juga telah memasang sejumlah kamera pengintai atau CCTV di 14 titik jalan arteri dan alternatif wilayah Karawang.

Baca juga: Tol Jakarta-Cikampek Mulai Ramai Pemudik, Lalu Lintas Tersendat di Sekitar Karawang

Menurutnya, hal tersebut dilakukan guna mengecek kepadatan arus lalu lintas.

"Untuk jalur arterinya ada 14 titik itu gunanya untuk kepadatan arus atau pergerakan masyarakat dari jalur arteri khususnya roda dua," tegasnya.

Habibi menyebut di setiap titik pemasangan CCTV tersebut juga ada pos pengamanan (pospam).

"Jadi pada saat sedikit ketika melihat gangguan atau kepadatan kita akan menggerakkan anggota yang terlibat di pospam tersebut untuk mengambil langkah," ujarnya.

Dia menuturkan pemasangan CCTV tersebut juga seiring dengan penerapan one way yang diberlakukan mulai hari ini.

"Karena mengingat nanti juga akan dilaksanakan one way, kami ingin melihat pada pelaksanaan one way itu apakah bisa dipantau kemudian bisa kita ambil tindakan-tindakan lebih cepat," ucap Habibi.

Adapun CCTV dipasang di 14 titik di antaranya Tanjungpura, Lamaran, Peundeuy, Karawang Timur, Kosambi, Dawuan, Simpang Mutiara, Jomin, Sasak Gambreng, Perempatan Ranggon, Pasar Telagasari, Pasar Wadas, Krasak dan Gamon.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas