Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Libur Satwa Ditunda Hingga Sepekan, Taman Margasatwa Ragunan Pastikan Kesehatan Hewan

Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang mengatakan, tidak ada libur bagi satwa-satwa yang biasa dilakukan setiap hari Senin.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Hari Libur Satwa Ditunda Hingga Sepekan, Taman Margasatwa Ragunan Pastikan Kesehatan Hewan
Tribunnews.com/Nitis Hawaroh
Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang saat ditemui di Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (24/4/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang mengatakan, tidak ada libur bagi satwa-satwa yang biasa dilakukan setiap hari Senin.

Bambang berujar, hari libur bagi satwa itu ditunda hingga pekan depan, lantaran terbentur dengan hari libur nasional dan libur Lebaran.

Meski begitu, Bambang memastikan kesehatan para satwa di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan itu dalam kondisi sehat.

"Pertama, satwa-satwa kita sudah terbiasa atau terlatih dengan kondisi ramai tidak ada masalah. Kedua, kita juga antisipasi dengan menambahkan menu makanan yang spesial dan ditambah juga vitamin," kata Bambang saat ditemui di Ragunan, Senin (24/4/2023).

Bambang mengatakan, penambahan makanan dan vitamin itu ditujukan sebagai antisipasi hewan agar tidak mengalami keadaan stres.

"Vitamin-vitamin ini, fungsinya untuk mencegah satwa-satwa terganggu atau stres. Terutama yang rentan stres adalah jenis-jenis burung atau unggas yang memang itu sangat sedikit rentan tapi untuk jenis-jenis yang lain aman," ujar dia.

BERITA TERKAIT

Bambang menambahkan, antisipasi lain yang dilakukan pihak pengelola adalah memastikan para penjaga kebun binatang untuk mengawasi di masing-masik area.

"Jadi tidak ada ditugaskan untuk pelayanan pengunjung. Zookeeper's mereka standby di tempat tugasnya masing-masing, mengawasi satwanya. Menjaga apabila kemungkinan-kemungkinan pengunjung mengganggu atau mengusik satwa ada yang enggak enggak ada," ungkapnya.

Untuk diketahui, Taman Margasatwa Ragunan di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, tetap beroperasi seperti biasanya, meski hari Senin adalah hari libur satwa-satwa.

Adapun operasional Taman Margasatwa Ragunan dimulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB selama Senin sampai Minggu.

Baca juga: Pengunjung Taman Margasatwa Ragunan Tembus 81.000 di Hari Ketiga Lebaran 

Hal itu telah sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta (Pergub) Nomor 7 Tahun 2014, tentang Hari Libur Bagi Satwa Pada Taman Margasatwa Ragunan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas