Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sampah Berserakan Usai Demo Apdesi di Depan Gedung DPR

Massa dari Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) membubarkan diri usai demo di depan DPR/MPR Jakarta, Rabu (5/7/2023) sisakan sampah berserakan.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Sampah Berserakan Usai Demo Apdesi di Depan Gedung DPR
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Massa aksi dari Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) membubarkan diri dari depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (5/7/2023). (Fersianus Waku) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Massa dari Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) membubarkan diri usai demo di depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (5/7/2023). 

Pantauan Tribunnews.com di lokasi, mereka membubarkan diri sekira pukul 11.35 WIB setelah melakukan audiensi dengan pimpinan DPR RI.

Setelah mereka membubarkan diri, sampah-sampah pun tampak berserakan di depan Gedung DPR.

Sejumlah petugas kebersihan terlihat membersihkan sampah-sampah yang berserakan itu.

Ribuan orang anggota dari Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (5/7/2023).
Ribuan orang anggota dari Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (5/7/2023). (Tribunnews.com/Fersianus Waku)

Adapun mereka menuntut pemerintah agar mengalokasikan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 10 persen untuk anggaran dana desa.

Mereka juga menuntut masa jabatan kepala desa (kades) jadi 9 tahun dan boleh menjabat selama tiga periode dan atau 9 tahun dua periode yang langsung berlaku saat revisi UU Desa nantinya disahkan.

Tak hanya itu, mereka juga meminta dana operasional bagi kades sebesar lima persen dari dana desa.

BERITA REKOMENDASI

Lalu, mereka juga menuntut tunjangan bagi kepala dan badan perangkat desa.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas