Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

LRT Jabodebek Dijadwalkan Akan Beroperasi 560 Perjalanan dalam Sehari

LRT Jabodebek akan beroperasi sebanyak 560 perjalanan dalam sehari pada hari kerja, dengan waktu tunggu kedatangan kereta rata-rata 3-6 menit.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in LRT Jabodebek Dijadwalkan Akan Beroperasi 560 Perjalanan dalam Sehari
Tribunnews/JEPRIMA
Penumpang mengikuti uji coba terbatas kereta api ringan atau Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek di jalur LRT Dukuh Atas-Cawang, Jakarta, Rabu (12/7/2023). Kementerian Perhubungan mulai melakukan uji coba terbatas LRT Jabodebek yang terbagi dalam dua tahapan operasional, yakni tahap pertama berlangsung mulai 12 Juli sampai 26 Juli 2023 dengan penumpang undangan berasal dari unsur kementerian/lembaga, jurnalis/media, dan komunitas sedangkan untuk tahap kedua akan dimulai pada 27 Juli sampai 15 Agustus 2023 dengan penumpang undangan yang berasal dari masyarakat umum. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM - LRT Jabodebek perdana melakukan uji coba operasional terbatas dengan penumpang pada hari ini, Rabu (12/7/2023).

Uji coba akan dilaksanakan secara bertahap hingga siap beroperasi komersial pada 18 Agustus 2023 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat menghadiri ujicoba operasional terbatas LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti, Cibubur.




"Uji coba ini akan terus dilakukan untuk memastikan aspek keselamatan dan kesiapan sistem operasi. Semoga nanti di tanggal 27 juli saat melibatkan masyarakat umum, sistem operasinya sudah semakin matang dan pelayanannya semakin meningkat," ujarnya, dikutip dari laman dephub.go.id.

Dirut KAI Didiek Hartantyo menjelaskan, ujicoba ini akan dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan yang harus dilakukan sebelum nantinya beroperasi secara komersial.

"Melalui ujicoba ini, kami sekaligus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada penumpang, serta ujicoba sistem ticketing, integrasi antarmoda, aksesibilitas, dan pengaturan parkir di area stasiun," ucap Didiek.

Baca juga: Dirut KAI: 24.000 Kuota Uji Coba LRT Jabodebek Ludes Selama Tiga Jam

Didiek mengungkapkan, nantinya LRT Jabodebek akan beroperasi sebanyak 560 perjalanan dalam sehari pada hari kerja, dengan headway atau waktu tunggu kedatangan kereta rata-rata 3-6 menit.

BERITA TERKAIT

Menhub mengatakan, kehadiran layanan LRT Jabodebek sudah sangat dinanti-nantikan masyarakat di Jakarta maupun di kota penyangga seperti Bogor, Depok, Bekasi, dan sekitarnya, karena mampu mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Jakarta ke kota penyangga maupun sebaliknya.

"Saat ini masyarakat yang mau mendaftar untuk mencoba LRT Jabodebek sudah puluhan ribu," ucap Menhub.

Berikut adalah rincian tahapan uji coba LRT Jabodebek:

1. Tahap pertama: 12 Juli hingga 26 Juli 2023.

Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari Kementerian/Lembaga, jurnalis/media, dan komunitas.

Akan ada 22 perjalanan kereta per hari.

2. Tahap kedua: 27 Juli sampai 15 Agustus 2023

Masyarakat umum dapat mengikuti uji coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.

Pada uji coba tahap kedua akan ada 434 perjalanan kereta perhari, dimana 6 perjalanan diantaranya akan mengangkut penumpang yang telah mendaftar.

(Tribunnews.com, Widya)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas