Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Belum Bubar Hingga Sore Hari, Massa Buruh Mulai Bakar Spanduk dan Ancam Akan Bermalam

Massa aksi dari sejumlah elemen buruh masih belum membubarkan diri dari kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023) hingga sore hari

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Belum Bubar Hingga Sore Hari, Massa Buruh Mulai Bakar Spanduk dan Ancam Akan Bermalam
Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti
Massa dari sejumlah elemen buruh mulai membakar sejumlah atribut seperti spanduk di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023) sore. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Massa aksi dari sejumlah elemen buruh masih belum membubarkan diri dari kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023) hingga sore hari.

Pantauan Tribunnews.com di lokasi sekitar pukul 17.35 WIB, massa aksi terus bertambah dan merangsek maju ke arah Istana Negara, Jakarta Pusat namun tertahan barier yang dipasang.

Terlihat pula sejumlah massa mulai melakukan pembakaran terhadap spanduk-spanduk yang mereka bawa untuk atribut demo.

Bahkan, salah satu orator mengancam akan bermalam di kawasan ini hingga pemerintah mencabut UU Omnibuslaw Cipta Kerja hingga UU Kesehatan.

"Ingat kawan-kawan, kita sudah berjuang sejak lama. Ini kita akan bermalam hari ini. Jadikan tanggal 10 Agustus menjadi momentum," ucap orator.

Untuk informasi, massa buruh dan masyarakat rencananya akan menggelar aksi demo di sekitaran Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023).

Mereka tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), hingga Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK).

BERITA REKOMENDASI

Adapun ada sejumlah tuntutan yang dibawakan salah satunya adalah soal UU Cipta Kerja.

Polisi sendiri menyiapkan pengamanan untuk mengawal jalannya aksi demo yang digelar sejumlah elemen buruh dan aliansi masyarakat pada Kamis (10/8/2023) hari ini.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut ada 6.612 personel gabungan yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan.

"Tentunya perkuatan dalam rangka melayani dan juga mengawal yaitu sejumlah 6.612 personel," kata Trunoyudo dalam keteranganya, Kamis (10/8/2023).

Trunoyudo mengatakan ribuan personel gabungan yang diturunkan itu terdiri dari anggota Polri, TNI dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Dalam hal ini, dia mengimbau kepada elemen buruh yang melakukan aksi untuk tetap mematuhi tata tertib serta perundang-undangan yang berlaku. 

Baca juga: Ribuan Buruh Demo Tuntut Pemerintah Cabut UU Cipta Kerja, Jalan MH Thamrin Arah Patung Kuda Ditutup

Sementara itu, bagi masyarakat diimbau menghindari ruas Jalan Gatot Subroto khususnya lagi di depan Gedung DPR/MPR dan area sekitar Monas.

"Rekayasa arus lalin tentunya nanti secara normatif kita lihat situasional," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas