Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Pers Nasional 2024 Tetap Berlangsung, Jakarta Siap Tuan Rumah

Hari Pers Nasional (HPN) 2024 tetap akan digelar dengan megah meski dalam situasi yang menantang. Jakarta kembali dipilih sebagai tuan rumah

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Hari Pers Nasional 2024 Tetap Berlangsung, Jakarta Siap Tuan Rumah
Dok. Humas PWI Pusat
Atal saat menerima perwakilan Pengurus Provinsi PWI DKI Jakarta di Sekretariat PWI Pusat, yang berlokasi di lantai 4 Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari Pers Nasional (HPN) 2024 tetap akan digelar dengan megah meski dalam situasi yang menantang. Jakarta kembali dipilih sebagai tuan rumah untuk ajang tahunan yang bergengsi bagi insan pers nasional.

"Kita optimistis merayakan puncak perayaan HPN 2024 pada tanggal 9 Februari, seperti tradisi," tegas Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal Sembiring Depari, Rabu (16/8/2023).

Namun, perhelatan HPN tahun depan sempat mengundang kekhawatiran lantaran bertepatan dengan Pesta Demokrasi melalui Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang dijadwalkan pada 14 Februari. Tanggal 9 Februari kemungkinan akan menjadi masa tenang menjelang hari pencoblosan.

Atal S Depari berharap gejolak politik tidak akan berdampak negatif terhadap kelancaran pelaksanaan HPN, bahkan hingga dimundurkan.

"Kami akan melakukan penyesuaian dari format yang telah ada sebelumnya. Selain acara Anugerah Kebudayaan dan Anugerah Jurnalistik Adinegoro, mungkin akan diselenggarakan beberapa seminar," ucap Atal saat menerima perwakilan Pengurus Provinsi PWI DKI Jakarta di Sekretariat PWI Pusat, yang berlokasi di lantai 4 Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih.

Pimpinan PWI Pusat mendesak anggota PWI di tingkat lokal untuk segera memulai berbagai persiapan, termasuk berkoordinasi dengan Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Tak terlupakan, Jakarta menjadi tuan rumah HPN terakhir pada tahun 2021, dengan perayaan puncak yang digelar di Candi Bentar, Ancol. Meskipun dalam keterbatasan akibat pandemi Covid-19, perayaan tersebut tetap diadakan dengan sederhana. Bahkan, pemimpin tertinggi PWI Pusat masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana.

Berharap Presiden Jokowi Hadir di Acara Puncak Perayaan HPN 2024

BERITA REKOMENDASI

PWI Pusat sangat berharap bahwa Presiden Jokowi bersedia menghadiri puncak perayaan HPN 2024. Pasalnya, momen tersebut dapat menjadi kenangan berharga di tahun terakhir masa jabatannya.

"Atas dasar itu, tentu kami berharap agar Presiden hadir dalam momen perpisahan ini," ungkap Atal S Depari.

Biasanya, setelah laporan dari Ketua Umum PWI Pusat yang juga bertindak sebagai penanggung jawab HPN dan sambutan dari gubernur, Presiden Jokowi akan memberikan pidato penghormatan.

Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah, sangat antusias dengan keputusan untuk menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah HPN 2024. "Kita harus segera mempersiapkan segala sesuatunya, karena waktunya semakin dekat," tegasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas