Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Sebut Jumlah Pengguna MRT Belum Maksimal

Kata Presiden pemerintah terus berupaya membangun infrastruktur massal untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di Jakarta dan sekitarnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Jokowi Sebut Jumlah Pengguna MRT Belum Maksimal
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya Light Rail Transit atau Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek di Stasiun Cawang, pada Senin, (28/8/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa kapasitas Moda Raya Terpadu (MRT) belum maksimal. Dari 180 ribu penumpang yang diharapkan, baru ada ada 80 ribu setiap harinya.

"Sebagai contoh MRT, meskipun setiap hari saya lihat penuh tetapi kapasitas yang kita inginkan setiap hari 180 ribu penumpang dan hari ini masih 80 ribu, masih ada kapasitas yang belum penuh terisi," kata Jokowi dalam peresmian LRT Jabodebek di Stasiun Cawang, Jakarta, Senin, (28/8/2023).




Meskipun demikian kata Presiden pemerintah terus berupaya membangun infrastruktur massal untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di Jakarta dan sekitarnya.

Salah satunya dengan membangun Lintas Raya Terpadu (LRT).

"Alhamdulillah LRT juga sudah siap dioperasikan baik yang dari Harjamukti di Cibubur dan dari Bekasi ke Jakarta Sepanjang 41,2 km dan menghabiskan anggaran Rp32,6 triliun," katanya.

Dengan adanya transportasi umum massal, Jokowi berharap penggunaan mobil pribadi berkurang. Sehingga, dapat mengurangi beban kemacetan dan dampak polusi yang ditimbulkan.

BERITA TERKAIT

"Setiap hari masuk 996 ribu kendaraan ke Jakarta setiap harinya. Oleh sebab itu macet, polusi juga selalu ada di Jakarta. Oleh sebab itu mengapa dibangun MRT, LRT, KRL, transjakarta, BRT Kereta bandara agar Masyarakat kita semua beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas