Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Digitalisasi Perbankan Bantu Jadikan Jakarta Kota Global

Plt Direktur Utama Bank DKI mengungkapkan, dalam beberapa tahun terakhir, digitalisasi menjadi tonggak utama dalam perkembangan industri perbankan.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Digitalisasi Perbankan Bantu Jadikan Jakarta Kota Global
istimewa
Bank DKI meraih penghargaan Mitra Daerah Berkinerja Unggul pada gelaran Malam Apresiasi Pemerintah Daerah (APDI) 2023. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono mengungkapkan, dalam beberapa tahun terakhir, digitalisasi telah menjadi tonggak utama dalam perkembangan industri perbankan.

Menurutnya digitalisasi merupakan upaya untuk memberikan pelayanan lebih cepat, efisien, dan aman.

"Inisiatif transformasi digital Bank DKI selain bertujuan untuk memperluas akses keuangan dan meningkatkan nilai tambah atas produk dan layanan, juga ditujukan memperkuat kemitraan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selaku pemegang saham," kata Amirul dalam keterangannya, Jumat (22/9/2023).

Amirul mengatakan pihaknya terus melakukan pengembangan aplikasi digital dengan tujuan memudahkan proses pembiayaan.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menyebut bahwa transformasi digital merupakan langkah penting dalam menjawab kebutuhan dan mendukung perkembangan ekonomi dan sosial di daerah.

Baca juga: Polda Metro Jaya Limpahkan Berkas Perkara Kru Film Dewasa ke Kejati DKI Jakarta

Salah satunya memperluas akseptasi produk transaksi digital berbasis kartu, JakCard untuk keperluan jaringan transportasi kota seperti JakLingko, Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta, hingga yang terbaru yakni jaringan KRL dan LRT Jabodebek.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu JakCard juga dapat digunakan sebagai tiket masuk di sejumlah tempat wisata kelolaan Pemprov DKI Jakarta, hingga pembayaran di sejumlah ruas tol seperti Jagorawi, JORR, Bogor Outer Ring Road, ruas tol dalam kota hingga tol Bali-Mandara.

"Bank DKI berkomitmen untuk terus berinovasi dan menyediakan solusi perbankan digital terbaik bagi masyarakat dan pemerintah daerah," kata Arie.

Baca juga: Berikan Keringanan, Warga DKI Jakarta Segera Bayar PBB Sebelum 30 September Ya

Atas inisiatif transformasi digital ini, Bank DKI berhasil meraih penghargaan sebagai Mitra Daerah Berkinerja Unggul pada gelaran Malam Apresiasi Pemerintah Daerah (APDI) 2023.

APDI 2023 merupakan kerja sama B-Universe dengan Ditjen Otda Kemendagri dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang hadir dalam kesempatan itu, mengapresiasi kinerja para kepala daerah yang dapat dilihat melalui ajang APDI 2023.

"Adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh B-Universe, pemberian penghargaan melalui seleksi yang ketat objektif dan kredibel. Membuat kepala daerah untuk berlomba," jelas Tito.

Sementara itu, Executive Chairman B-Universe, Enggartiasto Lukita mengatakan, acara ini digelar untuk mengapresiasi kerja keras pemerintah daerah, sekaligus memicu untuk meningkatkan inovasi pada daerah masing-masing.

"Sekaligus menjadi pemicu untuk semakin meningkatkan inovasi di daerahnya masing-masing," kata Enggartiasto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas