Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penyebab Membludaknya Calon Penumpang di Stasiun Sudirman Kamis Petang

Stasiun Sudirman di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, pada Kamis petang, 18 April 2024 tumpah ruah oleh calon penumpang yang membludak.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Penyebab Membludaknya Calon Penumpang di Stasiun Sudirman Kamis Petang
Instagram @jalur5
Antrean penumpang yang mengular di gate utara Stasiun Sudirman di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, pada Kamis petang, 18 April 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Stasiun Sudirman di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, pada Kamis petang, 18 April 2024 tumpah ruah oleh calon penumpang yang membludak.

Antrean terjadi sampai mengular di akses masuk utama dari sisi pintu utama di sisi utara mendekati Terowongan Kendal. Sekitar pukul 18.00 WIB, antrian masuk Stasiun Sudirman dari pintu ini terpantau sangat padat.

Kondisi ini menyebabkan calon penumpang kesulitan masuk area stasiun stasiun karena harus antre untuk tapping kartu elektronik di gate.




Boleh dibilang, petang itu suasana Stasiun Sudirman mengalami overkapasitas.

Diduga antrean panjang ini terjadi karena banyaknya warga yang masih menghabiskan sisa libur Lebaran, serta masyarakat yang sudah mulai kembali bekerja, pulang dari kantor.

Untuk diketahui, akses masuk Stasiun Sudirman jadi titik pertemuan antara penumpang yang akan naik menggunakan KRL Commuterline dengan mereka yang akan berjalan kaki, melalui jalur pedestrian di dalam area Stasiun Sudirman menuju Stasiun LRT Dukuh Atas.

Sejak dilakukan revitalisasi Stasiun Sudirman, PT KAI (Persero) memang mengintegrasikan antara Stasiun Sudirman dengan Stasiun LRT Dukuh Atas.

BERITA TERKAIT

Penumpang yang akan naik LRT dari Stasiun Dukuh Atas mendapatkan akses naik melalui Stasiun Sudirman di sisi peron utara kemudian naik ke Skywalk atau Jembatan Pemadu Moda Dukuh Atas.
Begitu juga sebaliknya, penumpang yang turun dari LRT Jabodebek di Stasiun Dukuh Atas yang hendak menuju Jalan Soedirman atau ingin melanjutkan perjalanan menggunakan KRL Commuterline, juga menggunakan akses yang sama.

Instagram @jalur 5 mengunggah foto kiriman seorang pengguna KRL Commuterline pemilik akun Instagram @diba.salsabila mereka kepadatan penumpang di Stasiun Sudirman, Kamis petang.

"Lagi penumpang LRT mesti dilewatin stasiun sudirman dulu," komentar netizen @mottzhy di Instagram. Netizen lainnya menyarankan agar jika Stasiun Sudirman padat penumpang, lebih baik naik dari Stasiun BNI City yang jaraknya hanya beberapa puluh meter dari Stasiun Sudirman.

"Ada BNI City padahal jadi ga terlalu padet," sebut netizen @faisalhilmi38.

Pada hari yang sama, Kamis 18 April 2024, Stasiun Manggarai juga dipadati penumpang seiring dengan usainya libur Lebaran dan warga Jabodetabek kembali beraktivitas masuk kantor.

"Ada BNI City padahal

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas