Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gelar Aksi Siang Ini, Ribuan Driver & Kurir Ojek Online Minta Diterima Audiensi oleh Pemerintah

Ribuan kurir ojol berharap bisa bertemu dan melakukan audiensi dengan pihak dari Kominfo selaku perwakilan pemerintah.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Gelar Aksi Siang Ini, Ribuan Driver & Kurir Ojek Online Minta Diterima Audiensi oleh Pemerintah
Tribun Cirebon/Handika Rahman
Ilustrasi - Ribuan kurir ojek online (ojol) atau daring yang mengatasnamakan Koalisi Ojol Nasional (KON) akan menggelar aksi damai, Kamis (29/8/2024) siang nanti. Ribuan kurir ojol berharap bisa bertemu dan melakukan audiensi dengan pihak dari Kominfo selaku perwakilan pemerintah.. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ribuan kurir ojek online (ojol) atau daring yang mengatasnamakan Koalisi Ojol Nasional (KON) akan menggelar aksi damai, Kamis (29/8/2024) siang nanti.

Aksi itu rencananya akan digelar di sejumlah titik, termasuk kantor pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo), Jakarta Pusat.




"Sementara ini difokuskan ke teman Kominfo di Jalan Medan Merdeka Barat kalau ga salah itu," kata Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Transportasi Daring Roda Dua Garda Indonesia, Igun Wicaksono kepada Tribunnews, Kamis.

Igun menyatakan, dalam aksi tersebut, nantinya ribuan kurir ojol berharap bisa bertemu dan melakukan audiensi dengan pihak dari Kominfo selaku perwakilan pemerintah.

Baca juga: Pria Positif Narkoba Tabrak 4 Pemotor di Pekanbaru, Driver Ojol Tewas, 3 Korban Lainnya Luka-luka

Kata Igun, mereka meminta hak yang setara atas tarif pengantaran barang antara masyarakat sebagai pengguna jasa layanan, perusahaan aplikasi, dengan para driver yang bekerja di lapangan.

Para driver atau kurir antar barang dan makanan merasa upah yang diterima saat ini cenderung kecil, dan tidak sebanding dengan beban kerja yang diberikan.

BERITA TERKAIT

"Ya kita kan pengin ada berkeadilan di sini, jadi masyarakat tetap bisa terlayani, kami juga gak rugi-rugi banget melayani masyarakat dengan tarif yang wajar," kata dia.

Hanya saja, perihal dengan tarif yang ingin diajukan, Igun menyebut, nantinya akan dilakukan negosiasi oleh rekan-rekan kurir ojol dengan pemerintah.

Oleh karenanya, kata Igun, seluruh massa aksi berharap pemerintah bisa menemui untuk memberikan saran.

"Untuk besarannya itu nanti dari rekan-rekan kami pelaksanaan aksi nanti negosiasi kepada pihak kementerian Kominfo," kata dia.

Adapun aksi itu rencananya juga akan digelar di beberapa titik lokasi, termasuk juga kantor-kantor aplikasi seperti Grab.

Terkait dengan waktu digelarnya aksi, Igun memperkirakan baru akan dimulai pada pukul 12.00 WIB siang nanti.

"Massa aksi diperkirakan ada sekitar lebih dari 2000 massa ya yang akan turun hari ini. Titik kumpul jam 12 siang, dari Jalan Veteran menuju ke Jalan Medan Merdeka Barat," tandas dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas