Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bantu Warga yang Kelaparan Warung Makan Gratis Dibuka di Depok, Ada Lauk Pauk Hingga Buah

Warung ini beralamat di Jalan Raya Jakarta-Bogor, No. 37 KM 34, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok.

Penulis: Erik S
Editor: willy Widianto
zoom-in Bantu Warga yang Kelaparan Warung Makan Gratis Dibuka di Depok, Ada Lauk Pauk Hingga Buah
Tribunnews/Erik Sinaga
Pengurus Warung Makan Gratis di Depok, Humairoh Aziz Alkatiri atau karib disapa Bunda Mira saat relaunching di Cisalak, Depok, Jawa Barat, Kamis(19/8/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Guna membantu warga Depok yang kelaparan dan tidak mampu membeli makan sebuah warung makan gratis dibuka. Warung ini beralamat di Jalan Raya Jakarta-Bogor, No. 37 KM 34, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

Baca juga: Dapat Hadiah Rumah Dari Negara Luasnya Selapangan Bola, Ini Alasan Wapres Maruf Pilihnya di Depok

Operasional warung makan gratis tersebut dimulai dari hari Senin hingga Jumat mulai pukul 12.30 WIB dan semua warga dipersilakan datang tanpa memandang latar belakang. Warung makan gratis tersebut diketahui dikelola sebuah Yayasan yang ada di kota Depok, Jawa Barat.

Pengurus Warung Makan Gratis, Humairoh Aziz Alkatiri mengatakan sebenarnya warung makan gratis tersebut sempat beroperasi di Jalan Juanda, Depok, Jawa Barat selama tiga tahun. Setelah itu sempat tutup lantaran harus pindah mencari lokasi baru karena terdampak proyek pembangunan sebuah kampus.

Baca juga: Sindikat Perdagangan Bayi di Depok: Lima Kali Kirim Bayi ke Bali, Ini Peran 8 Tersangka

"Vakumnya itu nyari lahan yang tepat. Karena untuk nyari lahan, membuka makan gratis nggak mudah. Kita juga harus memikirkan yang di sebelah-sebelahnya ada jualan makanan juga nggak," ujar Aziz, Kamis(19/9/2024).

Aziz Alkatiri yang akrab disapa Bunda Mira itu mengungkapkan warung makan gratis yang mereka bangun jangan sampai berdekatan dengan warung makan kecil karena itu bisa berdampak.

Mira berharap dengan kehadiran warung makan gratis tersebut bisa membantu warga Depok yang masih kelaparan. Menurut Mira, warga yang kelaparan kadang tidak terdeteksi karena karena sudah terbiasa menahan lapar.

Baca juga: Disuruh Orangtua Belanja, Bocah Perempuan di Bekasi Dicabuli Pemilik Warung

"Ternyata setelah kami buka warung makan gratis ini, mereka sangat terbantu karena bisa sisihkan uangnya untuk kebutuhan yang lain. Ditabung, keperluan anak sekolah atau kontrakan," beber perempuan berjilbab ini.

BERITA TERKAIT

Walau gratis, Mira mengatakan pihaknya tetap menjamin dari segi gizi dan vitamin. Menu yang diberikan beraneka ragam termasuk menyediakan buah.

Setiap harinya pihaknya menyediakan 250 hingga 350 porsi makanan untuk warga yang membutuhkan.

“Harapannya agar Warung Makan Gratis Kota Depok ini bisa menjadi kebanggaan kota Depok dan juga menjadi contoh bagi kota-kota lain untuk melakukan hal yang sama," kata Mira.

Baca juga: Sindikat Perdagangan Bayi di Depok Pakai Sistem Pre-order, Korban Dijual Rp 45 Juta Melalui Facebook

“Kami ingin berkontribusi, meskipun sedikit, untuk mengurangi kelaparan di Depok dan sekitarnya," tambahnya.

Ia menegaskan, prioritas saat ini adalah memperkuat Warung Makan Gratis di Depok sebelum memperluas cakupan ke wilayah lain.

Mira mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah membantu Yayasan memberikan makanan gratis. Mira mengakui penggalangan dana dilakukan melalui media sosial @sahabatalmirahindonesia dan TikTok miliknya.

Baca juga: 2 Bayi Korban Sindikat TPPO di Depok akan Dirawat di Panti Asuhan milik Pemprov Jabar

"Semoga nanti semakin banyak orang baik yang tergerak hatinya untuk donasi di warung makan gratis ini karena banyak warga terbantu. Ini sebagai bentuk ikhtiar kita mengurangi kelaparan di kota Depok dan kota-kota lainnya," pungkas Mira.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas