Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Area Eks-Pabrik Percetakan Uang di Kawasan Blok M Diubah Jadi Ruang Terbuka Hijau

taman kota ini di bekas pabrik percetakan uang ini akan berfungsi sebagai etalase bagi pohon-pohon nusantara

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Area Eks-Pabrik Percetakan Uang di Kawasan Blok M Diubah Jadi Ruang Terbuka Hijau
Dennis Destryawan/Tribunnews.com
Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya saat peresmian Taman Kota Peruri di Jakarta, Jumat (27/9/2024). 

Area Eks-Pabrik Percetakan Uang di Kawasan Blok M Disulap Jadi Ruang Terbuka Hijau 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) membangun area eks-pabrik percetakan uang menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH), yakni Taman Kota Peruri di Kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya menerangkan, pembangunan Taman Kota Peruri telah dimulai sejak satu tahun lalu, ditandai dengan acara groundbreaking yang didukung oleh Kementerian BUMN dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Saat ini kami ingin mempertahankan Heritage Kota Peruri dengan pemanfaatan baru untuk mendukung kreativitas anak muda seperti yang sudah dirilis yaitu M Bloc Space," ujar Dwina di Taman Kota Peruri, Jakarta, Jumat (27/9/2024).

Selain itu, menurut Dwina, pihaknya juga mendukung teknologi masa depan yang sudah diresmikan yaitu Working Space INA Digital sebagai pusat penyedia layanan digital pemerintah yang berada di area Kota Peruri.

Dwina menambahkan, Peruri saat ini tengah berupaya menghadirkan penghijauan area, yang sebelumnya padat dengan bangunan, namun dengan tetap bisa menghadirkan suasana heritage-nya.

BERITA REKOMENDASI

Taman Kota Peruri memiliki lokasi yang strategis, diapit oleh beberapa fasilitas transportasi umum di antaranya 2 Stasiun MRT, Halte Bus TransJakarta dan Terminal Bus Blok M, sehingga lokasinya sangat mendukung untuk penyelenggaraan berbagai aktivitas bagi komunitas kreatif maupun teknologi.

"Taman Kota Peruri mengusung beberapa konsep yang unik. Pertama, adaptive reuse yaitu penataan kembali kawasan dengan mempertahankan area bangunan heritage melalui renovasi dan revitalisasi," terang Dwina.

Konsep kedua yaitu memanfaatkan lahan eks-bangunan pabrik pencetakan uang yang dimanfaatkan menjadi pelataran outdoor untuk pertunjukan seni budaya.

Adapun konsep ketiga yang diusung ruang terbuka hijau tersebut adalah taman kota ini akan berfungsi sebagai etalase bagi pohon-pohon nusantara yang akan terus bertumbuh seperti Pohon Kapuk Randu, Pohon Baobab, Pohon Bodhi, Pohon Pulai dan Pohon Kamboja serta tanaman kebutuhan sehari-hari (edible garden).

"Peruri memiliki area perkantoran pusat berada di tengah-tengah Kota Jakarta Selatan, telah menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap pelestarian lingkungan dengan memulai inisiatif hijau membangun Kota Peruri yang memiliki area seluas 5,4 hektar," katanya.

Sebagai informasi, kawasan itu saat ini terdiri dari beberapa zona, di antaranya area kerja INA Digital sebagai pusat penyedia layanan digital pemerintah, M Bloc Space sebagai creative hub bagi anak muda, dan Taman Kota Peruri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas