Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

EE Mangindaan: MPR Tak Akan Bosan Sosialisasikan Empat Pilar Kepada Rakyat

MPR bekerjasama dengan berbagai lembaga dan kelompok masyarakat akan terus mensosialisasikan Empat Pilar MPR dengan berbagai metode.

EE Mangindaan: MPR Tak Akan Bosan Sosialisasikan Empat Pilar Kepada Rakyat
Istimewa
Wakil Ketua MPR RI, EE Mangindaan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, EE Mangindaan menegaskan MPR tidak akan bosan mensosialisasikan Empat Pilar MPR.

Dikatakannya, MPR bekerjasama dengan berbagai lembaga dan kelompok masyarakat akan terus mensosialisasikan Empat Pilar MPR dengan berbagai metode.

"Bersama akademisi kita menggunakan metode ToT, dengan mahasiswa melalui metode outbound. Bekerjasama dengan Kementerian Infokom sedang dikembangkan materi-materi seperti game di handphone. Kita buat menarik dan bukan indoktrinasi," kata E.E. Mangindaan ketika memberi pengantar sosialisasi Empat Pilar MPR kepada duta wisata Provinsi Sulawesi Utara, di kantor Gubernur Pemrov Sulut, Kamis (9/6/2016).

Sebelumnya Mangindaan menjelaskan mengapa MPR mensosialisasikan Empat Pilar MPR.

"Mungkin kita masih ingat di sekolah, pendidikan kewarganegaraan (Pancasila) kadang-kadang dianggap sepele. Banyak yang tidak mau memahami (Pancasila) karena dipengaruhi oleh yang lain," katanya.

Mangindaan mengungkapkan pengaruh itu antara lain adanya pandangan fundamentalis, radikalisme, dan lainnya; terjadinya pergeseran karena liberalisme yang mengarah pada kapitalisme; orientasi pasar yang berubah padahal Indonesia menganut ekonomi kerakyatan.

"Juga pengaruh agama karena pemahaman yang sempit pada semua agama. Karena tidak kuat imannya bisa terpengaruh contohnya ISIS. Ada dokter yang terpengaruh ISIS," tuturnya.

Pengaruh yang juga cukup kuat kata Mangindaan adalah individualisme. "Sekarang ikatan keluarga kurang kuat. Ketika makan malam bersama, masing-masing anggota keluarga sibuk dengan handphone-nya. Tidak ada lagi nasihat-nasihat keluarga," ucapnya.

Mangindaan meenuturkan, dengan latar belakang seperti itu terjadilah kemerosotan wawasan kebangsaan. "Inlah yang membuat MPR mensosisialisasikan Empat Pilar MPR. MPR tidak akan bosan mensosialisasikan Empat Pilar," ujarnya.

Namun MPR tidak mampu untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR ke seluruh rakyat Indonesia.

Karena itu MPR bekerjasama dengan lembaga lain mensosialisasikan Empat Pilar MPR dengan berbagai metode.

"Kita sudah berbicara dengan presiden untuk melembagakan sosialisasi Empat Pilar MPR ini," tukasnya.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Advertorial
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas