Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

SMAN 1 Tenggarong Juara Nasional LCC Empat Pilar MPR 2019

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tenggarong, Kalimantan Timur, menjadi juara nasional Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar MPR Tahun 2019.

SMAN 1 Tenggarong Juara Nasional LCC Empat Pilar MPR 2019
MPR-RI
Final LCC Empat Pilar yang dijuarai oleh SMAN 1 Tenggarong 

TRIBUNNEWS.COM - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tenggarong, Kalimantan Timur, menjadi juara nasional Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar MPR Tahun 2019.

SMAN 1 Tenggarong berhasil mengungguli SMAN 1 Brebes Jawa Tengah dan SMAN 2 Sampit Kalimantan Tengah dalam grand final LCC Empat Pilar MPR yang berlangsung di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (3/11/2019).

Dalam grand final, SMAN 1 Tenggarong berhasil menjadi juara pertama setelah meraih poin 199, diikuti SMAN 2 Sampit yang meraih poin 172 sebagai juara kedua, dan SMAN 1 Brebes dengan nilai 160 di tempat ketiga.

Grand Final LCC Empat Pilar MPR ini berlangsung cukup ketat. SMAN 1 Tenggarong yang tertinggal pada babak pertama dan kedua, berhasil merebut poin pada babak ketiga. Pada babak pertama, SMAN 1 Tenggarong hanya meraih 70 poin, sementara SMAN 1 Brebes dan SMAN 2 Sampit masing-masing meraih 75.

Pada babak kedua atau babak “benar salah”, SMAN 1 Tenggarong juga tertinggal. SMAN 1 Tenggarong hanya meraih poin 164, sementara SMAN 1 Brebes meraih poin tertinggi 170, dan SMAN 2 Sampit meraih poin 167. Persaingan di antara tiga sekolah pada grand final ini cukup ketat memasuki awal babak ketiga.

Pada babak ketiga, yaitu babak “satu lawan satu”, SMAN 1 Tenggarong berhasil merebut banyak poin. Babak ini adalah babak rebutan menjawab pertanyaan. Jika jawaban benar mendapat 10 poin, jika jawaban salah dikurangi 5 poin.

Inilah “babak keberuntungan” bagi SMAN 1 Tenggarong. Dalam “satu lawan satu”, siswa dari SMAN 1 Tenggarong berhasil merebut dan menjawab pertanyaan dengan benar. Sementara peserta SMAN 1 Brebes dan SMAN 2 Sampit sering melakukan kesalahan menjawab sehingga poin berkurang.

Setelah babak “satu lawan satu” berakhir, SMAN 1 Tenggarong memperoleh poin 199, sedangkan SMAN 2 Sampit memperoleh 172, dan poin SMAN 1 Brebes berkurang menjadi 160. SMAN 1 Tenggarong berhasil meraih juara pertama LCC Empat Pilar MPR tahun 2019.

Ketua Dewan Juri Idris Laena bangga dengan kemampuan para siswa peserta LCC Empat Pilar MPR. “Siswa peserta LCC dari setiap provinsi ini luar biasa. Mereka memahami, menghafal, dan membacakan, serta memberikan pandangan tentang Empat Pilar MPR. Ini sangat luar biasa,” ujar anggota MPR dari Fraksi Partai Golkar.

LCC ini, kata Idris Laena, adalah bagian dari Sosialisasi Empat Pilar MPR. “LCC Empat Pilar tingkat SLTA ini program yang akan terus kita laksanakan agar menjadi bagian dalam rangka mensosialisasikan nilai-nilai kebangsaan yang kita miliki,” imbuhnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas