Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Curva Covid-19 Melandai, Bamsoet: Lakukan Cek dan Ricek

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah untuk meningkatkan aktivitas pemeriksaan tes Covid-19.

Curva Covid-19 Melandai, Bamsoet: Lakukan Cek dan Ricek
Ist
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. 

TRIBUNNEWS.COM – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah untuk meningkatkan aktivitas pemeriksaan tes Covid-19 serta tidak tergesa-gesa mengumumkan bahwa kasus penyebaran virus Covid-19 sudah melandai.

Menurut keterangan tertulis yang diterima pada Selasa (12/5), Bamsoet mengatakan bahwa rata-rata dibutuhkan waktu satu sampai dua minggu untuk memproses data hasil pemeriksaan Covid-19 sehingga data yang diumumkan setiap hari bukanlah data gambaran kasus yang riil.

“Pemerintah agar melakukan cek dan ricek, serta tidak tergesa-gesa menyampaikan informasi kepada masyarakat luas bahwa kurva kasus Covid-19 melandai, namun juga disertakan dengan data yang riil dan komprehensif,” ujar Bamsoet.

Aktivitas pemeriksaan Covid-19 di Indonesia pun perlu ditingkatkan karena belum mencapai target yang telah ditentukan, yaitu 10.000 pemeriksaan perhari. Pemeriksaan terbanyak saat ini yaitu pada tanggal 11 April dan 9 Mei 2020 yang masing-masing baru mencapai 7.000 pemeriksaan.

Politikus Partai Golkar ini pun mengusulkan untuk dilakukannya evaluasi terkait sistem pemeriksaan tes Covid-19.

“Ini dikarenakan rata-rata jumlah orang dalam pemantauan/ODP dan pasien dalam pengawasan/PDP yang meninggal mencapai jumlah tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan yang terkonfirmasi meninggal akibat positif terjangkit virus corona,” ujar Bamsoet.

Bamsoet juga meminta agar pemerintah tetap melakukan pemeriksaan covid-19 dengan polymerase chain reaction/PCR, dan melatih seluruh tenaga medis agar fasih melakukan tes PCR, serta mengedepankan transparansi data yang akurat dalam menginformasikan status perkembangan Covid-19 di Indonesia, sehingga penanganan dapat dilakukan secara tepat.

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas