Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

UMKM Menggunakan Media online, Jazilul Fawaid: Lebih Cepat, Efisien, dan Aman Saat Pandemi Covid-19

Konsumen tak perlu repot-repot lagi bepergian ke tempat toko untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

UMKM Menggunakan Media online, Jazilul Fawaid: Lebih Cepat, Efisien, dan Aman Saat Pandemi Covid-19
Istimewa
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid. 

TRIBUNNEWS.COM - Teknologi informasi saat ini diaplikasikan dalam semua kehidupan manusia. Hal yang demikian membuat aktivitas manusia menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien. Penerapan teknologi informasi yang diaplikasikan dalam dunia perdagangan atau jual-beli, online atau daring, membuat memanjakan para konsumen. Konsumen tak perlu repot-repot lagi bepergian ke tempat toko untuk mendapatkan barang yang diinginkan.    

Penerapan perdagangan atau jual-beli dengan cara ‘on-line’ diharapkan oleh Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid juga perlu dimanfaatkan oleh para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Ada peluang baru di sini,” ujarnya.

Diungkapkan oleh politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, di tengah masyarakat di berbagai kabupaten dan pulau di Indonesia, ribuan UMKM digeluti oleh masyarakat. Aneka UMKM mulai dari makanan, minuman, obat-obatan, pakaian, aksesoris, dan lain sebagainya saat ini masih banyak yang proses penjualannya dipasarkan secara tradisional dan apa adanya.

“Sangat disayangkan bila potensi besar itu masih belum maksimal dalam penjualan,” ujar Jazilul Fawaid, Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Agar UMKM memberi harapan kepada yang lain dan memberi kesejahteraan bagi pelaku, menurut pria asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, itu perlu ada sentuhan khusus, teknologi informasi, untuk mempromosikan jenis usaha dan meningkatkan volume perdagangan. Dikatakan, para pelaku usaha di atas UMKM bisa terbilang sukses menjual sebab mereka sudah menggunakan aplikasi teknologi informasi, online, untuk menjual produknya. “Mereka yang menggunakan penjualan online mampu meningkatkan volume perdagangan,” tuturnya.

Dirinya meminta kepada pemerintah dan kementerian terkait untuk memberi pelatihan bagi UMKM, bagaimana menggunakan aplikasi teknologi informasi untuk mempromosikan produk dan meningkatkan barang yang dijual.

“Mereka perlu diberi pelatihan agar paham cara berdagang model baru dan saat in nge-trend, yakni perdagangan lewat online, ”ujarnya.

Menurut pria yang akrab dipanggil Gus Jazil itu, banyak keuntungan bila pelaku UMKM menggunakan ‘on-line’, dalam usahanya. Keuntungan tersebut adalah, ‘pertama’, bisa mempromosikan usahanya secara cepat, murah, dan efisien, dan informasi yang tersebar tidak hanya sebatas di desa, kecamatan, atau kabupaten, namun sampai dunia.

“Sekali klik, produk yang kita unggah di media sosial atau aplikasi lainnya, bisa langsung dibaca orang yang berada di Amerika Serikat,” ucapnya.

Halaman
12
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas